Banner 468x70 pxl

Bisnis Online

Published on November 16th, 2015 | by Dany Rudiyan

Tips Agar Toko Online Anda Tidak Dilupakan oleh Konsumen

Assalamu’alaikum sobat,

Pernahkah Anda mengalami sudah susah payah mendatangkan prospek masuk ke toko online anda, sudah ngiklan via FB Ads, udah di sundul pake Media Social, udah maksimalin SEO hingga muncul di halaman pertama google, eehh tapiiii… ternyata mereka melupakan toko anda. Jleb! sakitnya tuh disini.. hehehe..

Sadarkah? Bahwa orang yang datang pertama kali ke toko online anda, kemungkinan membeli produk anda sangatlah KECIL. Kebanyakan mereka close dan mencari lagi di toko online lain.

Jadi, jangan berharap berlebihan kalau orang yang datang pertama kali ke toko online anda akan langsung beli walau memang ada yang seperti itu, tapi biasanya mereka cuma lihat-lihat aja. Tidak langsung membeli.

Dan yang bikin ga enak lagi, ada orang yang datang ke toko anda untuk pertama kalinya, lalu dia close, ga jadi. Dan kemudian melupakan toko anda untuk selama-lamanya. Artinya gak akan dateng lagi ke toko anda. Jleb banget! 😀

Saya tau, anda tentu mulai bertanya-tanya “lalu aku harus ngapain?”

Mungkin anda bisa melakukan 7 hal sederhana berikut ini :

1. Buat pemicu yang membuat orang kemungkinan akan kembali lagi ke toko anda. Misal, program diskon, potongan harga, bonus, dll. Jadi sekalipun pada kunjungan pertama mereka pergi, ada kemungkinan mereka kembali ke toko anda di hari berikutnya, karena ada pemicu nya. Mungkin karena diskon, potongan harga, dll

2. Buat toko anda menarik tampilannya dengan warna yang cerah. Ini penting!

3. Ada sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Mungkin bisa menulis artikel yang bermanfaat, sehingga ada alasan mereka untuk kembali lagi ke toko anda.

4. Foto produk yang menarik. Dengan foto yang menarik, bisa membuat orang tertarik. Sekalipun pada kunjungan awal gak beli, tapi jika foto nya menarik, mungkin akan terekam di otaknya, dan nanti dikemudian hari akan berkunjung lagi ke toko anda.

5. Pendekatan lebih dalam melalui Media Social. Buat kedekatan dengan calon konsumen melalui media social, hingga terbangun TRUST nya, nanti arahkan ke toko online. Biasanya, jika sudah TRUST, toko anda melekat di otak mereka.

6. Tangkap data nya sejak pertama kali mereka datang ke toko anda. Anda bisa menangkap nama & alamat emailnya. Ini yg sering disebut “list building”. Anda bisa membuat promo “Mau DISKON 50%? Klik disini”

Nah setelah mereka klik, mereka akan diarahkan untuk isi nama & alamat email. Nanti alamat emailnya ini masuk database anda. Enak! Sekalipun pada kunjungan pertama mereka pergi / tidak membeli produk anda, mereka bisa anda tawari promo-promo menarik lainnya melalui email.

7. Buat nama toko yang mudah diingat, nama yang sesuai apa yang anda jual, nama yang mengandung value, nama yang mudah ditulis. Sehingga jika mereka tertarik dgn toko anda, akan sangat mudah mereka mengunjungi toko anda lagi karena nama tokonya “mudah diingat”

Kebayang kalo nama toko online anda :
www.kittyillustrationonline.com

Pusing, susah diingat. Dijamin toko anda akan dilupakan utk selama – lamanya 🙁

Oya, Toko Online yang dimaksud adalah Website / Webstore ya. Bukan Media Social.

Terakhir, ingat ini : tugas anda hanya berikhtiar. Soal hasil, pasrahkan aja. Biarkan Allah yg mengatur.

Semoga bermanfaat ya.

Untuk belajar, diskusi / tanya jawab seputar bisnis online, silahkan Join Group Facebook berikut ini : https://www.facebook.com/groups/3BOn.BeBOS/

 

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, dan Produk Custom



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • Bisnis Dari Rumah,Menyenangkan, Penghasilan Jutaan Rupiah
  • Kategori