Banner 468x70 pxl

Marketing

Published on August 10th, 2015 | by Dany Rudiyan

Macam Tujuan Melakukan Iklan Online

Hai sobat, dengan Dany di sini 🙂

Kali ini saya mau sharing tentang ….. Tujuan orang melakukan iklan. Buat apa ya? Mengapa perlu iklan?

Tujuan beriklan itu macam-macam. Jadi kalau ada orang bilang : “Wah, aku sudah beriklan, dapat banyak klik dan view, tapi kok ga ada yang terjual ya?”, barangkali memang metode dan tujuannya tidak tepat.

Garis besarnya, ada 4 tujuan beriklan, yaitu:

1. Hard Selling
Iklan seperti ini biasanya menghendaki pembacanya untuk langsung beli. Yang melakukan reject terhadap iklan seperti ini kemungkinan banyak JIKA IKLANNYA TIDAK TERTARGET.
Ketika orang mengklik iklan jenis ini, umumnya mereka tertarik terhadap penawaran itu, tetapi belum tentu kalau beli seketika. Sehingga penting sekali untuk menggunakan iklan REMARKETING atau RETARGETING, ini bisa anda lakukan dengan autoresponder seperti viosender

2. Soft Selling
Iklan seperti ini bertujuan untuk menjaring data konsumen, lalu melakukan follow up. Misal data yang dijaring antara lain : No HP, Email, PIN BBM dst.

Iklan seperti ini hampir sama dengan hard selling, bukan CPC (cost per click) yang dikejar, tetapi biaya Per Konversinya dari setiap tindakan yang diinginkan.

3. Traffic dan Viralitas
Yang seringkali hanya mengejar traffic atau viralitas adalah situs-situs berita online. Terkadang iklannya terlalu bombastis dan bikin penasaran, ya tentu saja agar kliknya semakin tinggi. Tidak ada tujuan konversi pada kasus ini karena tujuannya hanya mengejar traffic.

Apakah salah kalau kita menggunakan tujuan ini untuk toko online kita? Tidak salah! Semakin banyak traffic menuju web/fanspage kita, maka semakin besar pula peluang adanya penjualan. Benar ga? Jadi bisa saja Anda bikin iklan tentang berita yang lagi trend saat ini. Inilah yang nantinya bisa Anda ubah menjadi konversi.
Atau jika Anda adalah penjual jasa web desain, Anda bisa mengiklankan tentang berita “Heboh, anak umur 15 tahun bisa dapat uang dari web”… Misalnya loh ya…. Terserah anda bagaimana membuat iklan yang menarik.
Atau Anda juga bisa mengiklankan artikel inspiratif lainnya yang dimana akan banyak orang melakukan share.

4. Branding
Iklan jenis ini hampir sama dengan soft selling, yaitu tidak mencari konversi secara langsung. Yang diunggulkan adalah simbol / merek perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan EXPOSURE BRAND (Mengenalkan Brand ke banyak orang) dan meraih keuntungan jangka panjang.

Termasuk kategori manakah anda dalam beriklan? 🙂

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori