Whatsapp Pro
Saya disini SIAP untuk membantu anda. Silahkan bertanya dan berkonsultasi dengan saya!
Assalamualaikum, Ada yang bisa saya bantu?

Banner 468x70 pxl

Motivasi Sukses

Published on March 19th, 2015 | by Dany Rudiyan

Macam-macam Kecerdasan Manusia

Semua manusia ini diciptakan semuanya cerdas, pintar,  pandai, tidak ada manusia yang bodoh. Yakini  dan Percayalah akan hal itu Karena Tuhan itu Maha Adil. Mungkin sobat merasa tidak percaya diri karena sobat sekalian tidak bisa menjadi seperti orang lain yang bisa mendapat juara kelas, bisa mendapatkan teman yang banyak, bisa mengerjakan soal-soal dari dosen ataupun guru, dll. Yakinlah, itu semua karena kecerdasan yang sobat miliki masih terkekang belum terbebas dari belenggu kemalasan dan kesibukan.
Kecerdasan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan atau memecahkan suatu masalah yang ada di lingkungan hidupnya dengan cepat dan tepat. dan Tahukah kamu? kecerdasan itu TIDAK hanya karena bawaan dari lahirnya, nilai IQ, Gelar, dan reputasinya. TETAPI, kecerdasan didasarkan oleh tingkat keingintahuan seseorang, tingkat kemalasan seseorang, dan masalah yang dapat diselesaikan dalam hidupnya. Jadi, yakinlah, ingatlah, tuliskan dalam kertas dan bawa kertas itu kemana-mana, bahwa “SAYA PINTAR”.
Ok, kita kembali ke Tipe Kecerdasan pada Manusia. Berikut adalah beberapa di antaranya..
 
1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mengacu pada penggunaan bahasa lisan maupun tulisan dan kemampuan berbahasa dengan baik dan EFEKTIF. Biasanya orang yang memiliki Kecerdasan ini dapat menghibur, mengajar, meyakinkan dan memberikan argumentasi dengan bahasa yang sangat baik dan benar.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya suka dan tertarik dengan bermain kata-kata, diskusi, berdebat, membaca, dan pastinya menulis. Seseorang yang punya kecerdasan ini mampu mengekspresikan hal dengan bahasa secara singkat, tepat dan jelas. Oleh karena itu, Orang yang memiliki kecerdasan ini dapat berargumen dengan baik. Untuk pekerjaan, biasanya menjadi pelawak, artis, penulis, penyiar radio, presenter, MC, pembicara publik, penulis dan hal-hal lain yang berhubungan dengan bahasa dan tulisan. Kecerdasan ini juga membantu kesuksesan karier di bidang pemasaran dan politik.

Coba anda periksa kepribadian di bawah ini, mana yang merupakan kepribadian anda:
– Suka menulis kreatif di rumah.
– Senang menulis kisah khayal, lelucon dan cerpen.
– Menikmati membaca buku di waktu senggang.
– Menyukai pantun, puisi dan permainan kata.
– Suka mengisi teka-teki silang atau bermain scrable.

Yang manakah kemampuan linguistik anda ??

Jika anda di sekolah, kampus banyak bicara dan kurang memperhatikan pelajaran atau sedang menikmati menulis puisi di rumah tapi tidak mengerjakan PR, senang bercerita, berarti anda mepunyai kecerdasan linguistik. Kembangkanlah potensi tersebut yang positif terus menerus, maka suatu saat anda akan menjadi seseorang yang hebat.

2. Kecerdasan Logis-Matematis (Number Smart)
Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mengacu pada penalaran, logika, dan mengolah angka yang baik. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki pemikiran yang rasional. Orang yang memiliki Kecerdasan ini mempunyai kemampuan untuk memahami argumen lawan bicara dengan logis dan dapat memecahkan masalah matematika dengan baik dengan menggunakan kecerdasan logis dan  matematis.
Para Ilmuwan kebanyakan memiliki kemampuan ini untuk mendapatkan suatu hipotesa sebelum di uji. Untuk pekerjaan, biasanya menjadi seorang ilmuwan, akuntan, konsultan pajak, programmer, ahli matematika dan yang berhubungan dengan logika serta matematis.
Coba periksa ketrampilan yang ada pada anda saat ini:
– Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala.
– Menikmati menggunakan bahasa komputer atau progam software logika.
– Ahli bermain catur, dan permainan strategi lainnya.
– Menjelaskan masalah secara logis.
– Merancang Eksperimen.
– Suka bermain teka-teki logika.
– Mudah memahami sebab-akibat.
– Menikmati pelajaran matematika dan IPA serta mendapatkan prestasi yang bagus.Kemampuan logis yang manakah yang Anda miliki ??

Inilah kecerdasan yang dikaitkan dengan kecerdasan dalam bersekolah. Jika anda memiliki kecenderungan kutu buku, mendapat nilai tinggi IPA, menikmati dan berinteraksi dengan komputer, mencoba mencari jawaban yang sulit, maka anda berbakat besar dalam kecerdasan ini. Kembangkan terus, suatu saat anda akan menjadi seorang ilmuwan, akuntan, insinyur, ahli pemrogaman komputer atau mungkin filosofi.

3. Kecerdasan Visual-Spasial (Picture Smart)

Seorang dengan kecerdasan ini memiliki tingkat seni yang tinggi. Kecerdasan ini mengacu pada visualisasi, gambar, ruang, dan tentang gambaran perasaan seseorang. Jika sobat sekalian punya hobi menggambar, jika ada yang terlihat dan langsung ingin diabadikan menjadi sebuah foto, mencoret-coret dinding, dan sebagainya, berarti sobat adalah termasuk dalam katogori kecerdasan ini. Seorang yang memiliki kemampuan ini dalam hal pekerjaan sangat cocok untuk menjadi seorang pelukis, photografer, disainer, arsitek, dan lain-lain.
Coba periksa ketrampilan yang menurut anda ada pada diri anda:
– Menonjol dalam kelas seni kelas.
– Mudah membaca peta, grafik dan diagram.
– Menggambar sosok orang atau benda persis aslinya.
– Mencoret-coret diatas kertas.
– Lebih mudah memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca.Jadi yang manakah kemampuan spasial yang Anda miliki ??

Seandainya Anda menonjol dalam kecerdasan ini, kembangkanlah. Karena suatu saat anda bisa jadi pelukis, pemahat, designer, dan perancang bangun yang hebat!

4. Kecerdasan Musikal (Musical Smart)

Orang yang memiliki kemampuan ini sangat baik dalam mengingat, menyanyikan, dan menciptakan suatu irama musik. Orang dengan kecerdasan ini juga sangat peka dalam hal musik. Kecerdasan ini biasanya mempunyai suara yang merdu dan sangat baik dalam mengidentifikasi suatu nada. Mereka dengan kecerdasan ini sangat sentitif, bisa bekerja dengan mendengarkan musik, juga mahir dalam memainkan alat musik. Mereka berfikir melalui melodi dan irama. Pekerjaan yang biasanya mereka dapatkan adalah menjadi penyanyi ataupun komposer yang baik.

Bakat musik adalah sesuatu bakat yang selama ini dibiarkan atau ditelantarkan di sekolah. Jika Anda memiliki bakat ini maka ada baiknya mengembangkan di luar lingkungan sekolah.

5. Kecerdasan Fisik / Kinestetik – Jasmani (Body Smart)

Bagi Anda yang suka joget-joget inilah tipe kecerdasan kamu. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu mengendalikan gerak tubuh dengan baik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini mempunyai keahlian fisik yang khusus, seperti lincah, kekuatan, gerak fleksibel, seimbang, dan juga kemampuan taktis yang baik.

Pekerjaannya apa ya? biasanya menjadi atlet, aerobik, mortir, penari, aktor pantomim aktor dan juga kecerdasan tangan (montir, penjahit, tukang kayu, dokter ahli bedah).

Coba anda piilih ketrampilan yang ada pada diri anda:
– Bergerak-gerak ketika sedang duduk.
– Terlibat dalam kegiatan fisik seperti renang, bersepeda, hiking atau bermain skate board.
– Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari.
– Menikmati melompat, gulat dan lari.
– Memperlihatkan kerampilan dalam kerajinan tangan seperti kayu, menjahit, mengukir.
– Menikmati bekerja dengan tanah liat, melukis dengan jari, atau kegiatan “kotor” lainnya.
– Suka membongkar sebuah benda kemudian menyusunnya lagi.

Lalu kemampuan kinestetik jasmani apa yang anda miliki sekarang ??

Jika anda tidak betah duduk lama-lama dan lebih suka bergerak, menyukai studi lapangan, maka kamu menonjol dalam kecerdasan ini. Maka kembangkanlah terus!

6. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)
Orang yang memiliki kemampuan ini peka dan pintar untuk mengenali emosi diri sendiri. Kecerdasan ini dapat dengan mudah mengetahui memahami diri sendiri, mengenali jati diri, Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin dirimengetahui perasaan sendiri, memperkaya, membimbing, dan membedakan berbagai macam kondisi yang terjadi pada dirinya. Kecerdasan ini juga punya sebuah kemampuan khusus, yaitu kemampuan Stasioner.
Kemampuan Stasioner adalah kemampuan untuk menjadi netral dan sulit untuk dipengaruhi oleh keinginan, keyakinan, emosi, dan sebagainya ketika dihadapakan oleh suatu masalah. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cocok untuk menjadi wirausahawan.Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri.

Ciri-cirinya: sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri, memunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain. Pekerjaan yang cocok untuk Orang dengan tipe ini yaitu konselor atau teolog.

Jika anda mampu mengetahui siapa diri anda sebenarnya, pandai menargetkan dan menentukan target untuk diri sendiri, Anda percaya diri dan tidak pemalu, maka anda berbakat dalam kecerdasan ini. Kembangkanlah terus kecerdasan ini karena sangat dibutuhkan dalam kehidupan untuk meraih kesuksesan.

7. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini sangat pintar dalam mengerti dan memahami perasaan orang lain dengan hanya menatap matanya. Sangat peka dengan perasaan dan suasana hati seseorang. Kecerdasan ini mengacu pada banyak hal, mulai dari kemampuan untuk memimpin, berempati, memotivasi dan kemampuan untuk mengorganisir orang lain. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kemampuan untuk belajar dari gerak tubuh dan tindakan seseorang, peka terhadap perasaan, intensi, watak dan temperamen orang lain. Oleh karena itu, seseorang yang mempunyai kecerdasan ini belajar bukan melalui teori tetapi melalui tindakan atau langsung turun kelapangan. Biasanya cocok untuk menjadi Psikolog.

Ciri-cirinya: senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite, lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator, konselor, psikolog ataupun guru.

Jika anda sangat populer di kalangan teman-teman dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cepat, maka Anda berbakat dalam kecerdasan ini. kembangkanlah, suatu saat Anda akan menjadi seorang pemimpin, konselor, pengusaha atau organiser komunitas.

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)
Seseorang yang memiliki kemampuan ini sangat peka terhadap alam, apa yang terjadi dengan alam, menyenangi dan menyayangi alam. Mereka dapat berhubungan baik dengan alam apa lagi lingkungan sekitarnya, biasanya mereka pasti memiliki hewan peliharaan atau pun memelihara bunga. Seorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menjadi ahli biologi, pecinta alam, aktivis lingkungan, dan lain-lain.
Kecerdasan naturalis melibatkan kemampuan untuk mengenal bentuk-bentuk alam di sekitar kita: Bunga, burung, pohon, hewan serta flora dan fauna lainnya. Kecerdasan ini dibutuhkan di banyak profesi seperti ahli biologi, penjaga hutan, dokter, hewan dan holtikulturalis.
9. Kecerdasan Intuitif

Kecerdasan intuitif adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang dengan tingkat insting yang baik. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini peka terhadap makna kenapa kita hidup di dunia ini. Seseorang yang mempunyai kecerdasan ini dapat mengetahui sesuatu yang benar atau salah dari insting dan naluri yang dia miliki. Biasanya kecerdasan ini dimiliki oleh Da’i, Pendeta, Biksu, Pemimpin, dan lain-lain.

Anda harus ingat bahwa setiap orang memiliki semua kecerdasan diatas dan setiap harinya digunakan dan dikombinasikannya. Contohnya saja bila pemain sepak bola menggiring bola maka mereka menggunakan kecerdasan kinestetik-jasmani untuk menggiring bola, kecerdasan spasial untuk memvisualisasikan posisi bola setelah lawan menendangnya, dan kecerdasan antar pribadi untuk kerja sama dengan anggota tim lainnya. Akan tetapi, mereka memiliki salah satu kecerdasan yang paling dominan yaitu kinestik-jasmani.

Anda dominan tipe yang mana ?

Untuk menjadi orang yang sukses Anda harus bisa mencari dan menemukan kecerdasan yang paling dominan pada diri anda dan terus mengasahnya agar menjadi semakin HEBAT! , SEMOGA SUKSES !

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, komentar silahkan tulis di bawah ya 🙂

Tags: ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, dan Produk Custom



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • Bisnis Dari Rumah,Menyenangkan, Penghasilan Jutaan Rupiah
  • Kategori

  • Kalender & TOP POSTING

    June 2024
    M T W T F S S
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • COY AH