Banner 468x70 pxl

Tips Bisnis

Published on May 24th, 2015 | by Dany Rudiyan

Ingin Bisnis Online Anda Mampu Bertahan 10 Tahun ke Depan?

Bisnis online adalah bisnis yang memudahkan setiap pebisnis. Hal ini jelas memudahkan, karena dalam bisnis online semua bisa di jangkau, semua bisa dijual, semua bisa di beli dan masih banyak lagi. Anggap saja begini, anda ingin menjual sebuah piring cantik yang terbuat dari sebuah plastik. Piring ini harganya tidak terlalu mahal, anggap saja harganya per lusinnya 150.000 saja. Nah, apabila anda menjualnya secara offline, anda masih membutuhkan toko etalase offline anda, anda masih membutuhkan brosur cetak yang biayanya pun jelas tidak murah, belum lagi anda masih harus menyewa karyawan, dan masih banyak lagi. Tapi, dalam bisnis online, hampir semua faktor tersebut bisa anda tekan seminim mungkin biayanya untuk di gunakan biaya lain. Di dalam bisnis online anda bisa menjualnya di tokopedia (gratis), anda butuh promosi pun anda hanya tinggal promosi lewat twitter, facebook, atau sosial media lainnya. Apabila di bisnis offline anda membutuhkan etalase toko anda, dan jelas biayanya tidak murah, anda di bisnis online cukup membuat sebuah domain dan hosting yang kemudian anda desain menjadi toko online anda. Sangat mudah bukan? Mudah memang tapi juga tidak gratis. Tapi setidaknya anda sudah bisa menekan biaya kebutuhan bisnis anda, kan?

Dalam bisnis online memang lebih banyak yang beranggapan bahwa semuanya bisa lebih mudah, ini benar. Tapi yang jadi masalah, ketika kemudahan itu datang dan ada faktanya untuk anda, anda sendiri kadang juga lupa, bahwa bisnis online itu tidak hanya tentang anda sekarang jual apa dan besok jual apa, tapi juga tentang bagaimana anda bertahan dalam bisnis anda selama beberapa tahun ke depan. Dengan bisnis yang bisa bertahan bertahun-tahun tentunya akan lebih nikmat, kan? Anda tidak perlu keluar panas-panas kerja di luar rumah, anda cukup duduk di depan PC atau laptop anda, anda sudah bisa mendapatka profit yang cukup untuk makan sehari hari. Bisnis jangka panjang adalah bisnis yang bisa di manfaatkan kapanpun dan sampai kapanpun, bukan? Salah satu faktor penting dalam bisnis jangka panjang adalah dengan menyimpan seluruh database pembeli, relasi, dan penjual lain.

Dengan database yang anda miliki, maka anda tidak akan bingung mau pergi kemana esok hari. Analoginya sangat mudah sekali, misalnya begini. Anda di hari senin menjual sebuah baju anak anak dengan desain kekinian, kemudian anda sudah menyimpan database pembeli anda (bisa email, nomor hape, atau pin BBM), kemudian anda di hari senin 2 minggu kemudian anda ingin menjual lagi produk yang sama, apakah anda bingung akan menjual kemana produk tersebut? Tidak kan? Jelas anda akan segera menghubungi pembeli tadi melalui database yang anda miliki, dan anda melakukan penawaran-penawaran melalui media promosi yang anda miliki.

Saya rasa tidak ada alasan bagi anda untuk tidak segera membangun database anda sendiri untuk bisnis online anda sendiri. Karena dengan itulah, bisnis anda akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini penting, karena sudah banyak yang menjadi korban dimana mereka hanya menjual barang, tapi tidak menyimpan database pembelinya. Ketika ingin menjual barang lagi (entah sama atau tidak sama), masih bingung lagi mencari pembeli. Iya kalau dapat masih beruntung, kalau tidak dapat? Mau di bawa kemanakah bisnis anda?

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimanakah membangun sebuah database yang baik dan benar?
Ya, pertanyaan yang jelas dan pasti anda tanyakan, bukan? Hehe
Sangat simple, anda harus memilik domain dan hosting terlebih dulu pastinya. Dengan anda memiliki domain dan hosting, maka anda bisa membangun sebuah website membership. Dengan website membership inilah anda dapat menyimpan seluruh database pembeli anda, relasi anda, sampai penjual lain (kompetitor). Dari sini lah anda bisa mengatur banyak strategi bisnis online anda, dari sini lah anda dapat mempertahankan sebuah bisnis online yang anda tekuni sampai bertahun tahun. Saya rasa dengan database yang tersimpan rapi, apapun yang anda jual, akan laku terjual.

Semoga artikel ini bisa membuka wawasan anda dalam membangun bisnis jangka panjang. Komentar dan pertanyaan anda bisa ditulis dibawah 🙂

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori