Banner 468x70 pxl

Bisnis Online

Published on May 16th, 2015 | by Dany Rudiyan

Cara Sukses Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula?. Apakah anda adalah salah satu orang yang bertanya tentang itu?. Jika ya, maka silahkan baca artikel yang satu ini.

Perlu anda ketahui nih, bisnis online itu ada banyak loh, ada toko online, bermain ppc (pay per click) seperti google adsense, bermain ptc (paid to click), bermain affiliate, menjadi product owner dan lainnya. Biasanya yang masih pemula tidak tau apa yang harus dijalankan dan bagaimana cara menjalankannya, benar? Ya! 😉

Ok berikut tips-tips memulai bisnis online yang harus anda ketahui.

Ada beberapa hal nih yang harus anda ketahui dan lakukan, diantaranya…

– Pilih dulu salah satu bisnis online yang ingin dijalankan

Banyak para pemula yang tidak tau apa bisnis online yang ingin mereka jalankan. Akhirnya mereka mencoba banyak bisnis online dan kemudian tidak satu pun yang berhasil. Kemudian yang terjadi adalah “waktu terbuang dan modal yang sudah dihabiskan pun menjadi sia-sia”.

Nah alangkah baiknya anda memilih dulu bisnis online apa yang ingin anda jalankan. Tentukan dulu passion / keinginan anda itu cocoknya untuk bisnis apa? dan lihat karakter anda, apakah anda adalah seorang fighter, seorang leader atau seorang relationship master?.

Jika anda adalah seorang yang salah satu passionnya adalah adventure dan karakternya adalah seorang fighter maka bisnis google adsense sangat tepat untuk anda.

Jika anda adalah seorang yang passionnya adalah simple thing (hal-hal sederhana) dan karakternya adalah relationship master (jago membangun relasi), maka anda cocok untuk menjalankan bisnis toko online.

Jika anda adalah seorang yang passionnya adalah create a thing dan karakternya adalah karakter seorang leader, maka anda sangat cocok untuk menjadi product creator (pembuat produk, pemimpin dan lainnya).

Nah anda termasuk yang mana nih? Silahkan ditentukan dulu.

– Persiapkan konsep yang tepat untuk menjalankan bisnis yang akan dijalankan

Setelah anda mendapatkan “petunjuk” untuk bisnis yang tepat maka persiapkan konsep untuk bisnis tersebut. Konsep yang saya maksud adalah langkah-langkah yang anda persiapkan dan rencana-rencana ketika menjalankan bisnis tersebut. Contoh konsep seperti ini…

* Mencari topik bisnis yang cocok untuk dijalankan
* Menghitung modal kasar untuk modal bisnis
* Membuat konsep dana bisnis (untuk kas, dana pengembangan dan lainnya)
* Menghitung perkiraan keuntungan bruto (untung kotor)
* Memperkirakan kemungkinan ROI (return of investment) dalam bisnis itu
* Mempersiapkan perencanaan tim dalam bisnis (termasuk job desk dan lainnya)
* Mempersiapkan tehnik marketing bisnis tersebut
* Dan lain-lainnya

Ada banyak konsep yang bisa anda buat ketika akan memulai sebuah bisnis online. Silahkan berkreasi.

– Membuat agenda untuk menjalankan bisnis yang sudah dipilih

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat agenda untuk anda atau untuk tim dalam bisnis tersebut. Agenda bisa disebut juga sebagai deadline dalam bisnisnya. Biasanya kan banyak orang yang hanya membuat rencana-rencana saja (dilakukannya sih tidak cuma rencana saja). Nah agenda ini bertujuan untuk “memaksa” anda untuk melakukan hal-hal yang telah dipersiapkan sebelumnya.

– Reward and Punishment for you and your team

Reward dan punishment ini cukup penting ketika kita menjalankan bisnis online. Fokus adalah salah satu hal yang sangat sangat berat bagi kebanyakan orang dan penyakit “malas” sering kali menyerang tanpa mengenal waktu, benar ya?. Nah reward jika pekerjaan bagus dan akan mendapatkan hukuman jika pekerjaan buruk adalah salah satu hal yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

– Analisa secara berkala

Jika anda sudah mulai menjalankan bisnisnya, maka lakukan analisa secara berkala untuk bisnis online tersebut. Apakah deadline yang dibuat sudah berjalan sesuai yang direncanakan, apakah target-target yang ada sudah sesuai harapan?. Jika sudah maka tinggal ditingkatkan lagi, jika belum maka silahkan diperbaiki lagi nantinya.

– Mengembangkan bisnis online (menambah atau merambah ke sektor bisnis online lain)

Nah ketika bisnis online anda sudah mulai berkembang barulah kita bisa mulai perencanaan untuk menambah bisnis, baik bisnis yang sama seperti yang sebelumnya atau bisnis online sektor lainnya. Mulai lagi dari awal seperti pada bisnis yang sudah dilakukan (point-point sebelumnya). Dengan demikian bisnis online anda akan semakin grow up nantinya.

– Mulai untuk rencana investasi

Yang namanya internet marketer atau bisnis online holic biasanya tidak banyak yang bisa “menyimpan duit”. Ya banyak yang seperti itu. Investasi adalah hal yang sangat penting bagi para pemain bisnis online. Ya kita ga pernah tau kapan akan mendapatkan rezeki gede, kita ga pernah tau kapan akan datang rezeki kecil dan kita ga pernah tau kapan ga dapat apa-apa. Nah jadi sepertinya investasi ini harus kita lakukan nih, entah itu investasi rumah, tanah, duit atau lainnya.
===============================================================================

Pemula Juga Bisa Memulai Bisnis Online dan Menjadi Berhasil!

Ok deh… Gitu aja artikel tentang cara memulai bisnis online untuk pemula ini, Selamat mencoba ya.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk anda.

Info : Anda ingin serius menjalankan bisnis online dan butuh pembimbing?, lihat penawaran saya tentang grup belajar bisnis online bersama di belajarbersama .

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori