Banner 468x70 pxl

Motivasi Sukses

Published on June 15th, 2015 | by Dany Rudiyan

Cara Mengatasi Rasa MALAS Dalam Beraktivitas

Assalamu’alaikum, Selamat pagi sobat blog,

Seperti kita ketahui bersama, bahwa ternyata ada sebuah penyakit yang sering melanda kita, terutama self employed (pebisnis/pengusaha) adalah penyakit “M” alias “MALAZZZ”.

Bener ga?

Kemalasan adalah musuh produktivitas. Jika kita malas, tidak ada cara lain kita bisa mencapai hal-hal yang berarti. Kita mungkin menunda-nunda melakukan sesuatu, atau bahkan jika kita melakukannya, kita melakukannya dengan setengah hati. Hasil berkualitas tinggi tidak akan tercapai dengan cara-cara seperti itu.

Jadi kita perlu untuk mengatasi kemalasan…

Bagaimana mengatasinya?

1.  Olahraga

Anda bisa merasa malas jika anda tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas. Berolahraga adalah cara yang baik untuk meningkatkan tingkat energi anda sehingga anda merasa berenergi dan waspada sepanjang hari.

Olahraga yang bagus adalah pagi hari antara jam 5.30 – 07.00 WK (waktu jombang dan sekitarnya). Cukup jogging aja, sambil menghirup udara segar. Tidak usah jauh-jauh, 2 km sudah cukup.

2. Istirahat yang cukup

Tidak memiliki cukup istirahat juga bisa membuat anda malas. Bagaimana anda merasa antusias jika anda ngantuk melulu? Jadi, pastikan bahwa anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

3. Tetapkan batas waktu minimum untuk memulai

Hal yang paling sulit adalah untuk memulai, sedang sisanya akan lebih mudah. Jadi tetapkan sedikit waktu, seperti 15 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan.

4. Menciptakan rasa urgensi/deadline

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengalahkan kemalasan. Jika anda memiliki rasa urgensi/keharusan untuk mengerjakan secepatnya, maka akan lebih mudah untuk bangun dan melakukan apa yang perlu Anda lakukan. Salah satu cara untuk menciptakan rasa urgensi adalah dengan menetapkan tenggat waktu (deadline).

5. Lihatlah pada manfaat

Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat kesulitan dari tugas ke depan tanpa memikirkan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran anda pada manfaat bukan kesulitan.

6. Menetapkan hadiah untuk diri sendiri

Jika manfaat terlalu jauh dicapai di masa depan, maka mungkin tidak cukup kuat untuk memotivasi anda untuk bertindak sekarang. Dalam kasus tersebut, anda dapat memberikan diri anda hadiah lebih cepat. Anda mungkin membiarkan diri anda untuk makan makanan favorit anda atau menonton film sebagai hadiah anda telah menyelesaikan tugas.

7. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukannya

Sementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasi anda, pikirkan juga tentang kerugian jika anda tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensi jika anda tidak melakukan apa yang seharusnya anda lakukan?

8. Bagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil

Kita bisa menjadi malas jika kita merasa kewalahan oleh skala tugas. Dalam kasus tersebut, membagi tugas menjadi bagian-bagian kecil yang lebih terkelola, dan kemudian tangani mereka satu per satu. Ingatlah prinsip cara makan seekor gajah adalah dengan cara melakukan satu gigitan kecil pada sekali waktu.

Demikian pula jika ada banyak hal yang harus Anda kerjakan, Anda akan jadi kewalahan. Susun skala prioritas, mana yang harus dikerjakan dengan cepat dan mana yang masih bisa ditunda. Lalu cukup kerjakan 1 hal saja dalam sekali waktu.

9. Putuskan apa tindakan selanjutnya

Kita mungkin menunda-nunda karena kita tidak yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jadi lihatlah pada tugas anda dan putuskan apa tindakan selanjutnya. Setelah anda tahu persis apa yang harus dilakukan, maka akan lebih mudah untuk memulai.

10. Tuliskan kemajuan Anda

Anda akan lebih termotivasi jika anda dapat dengan mudah melihat efek dari kemalasan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menuliskan kemajuan anda setiap hari. Beri tanda setiap kali anda menyelesaikan sebuah tugas. Kemalasan akan memberikan lembar kosong, dan anda dapat dengan mudah melihat betapa buruknya hal itu.

11. Lihat kemajuan orang lain

Mengetahui seberapa jauh anda di belakang dibandingkan dengan orang lain juga bisa memotivasi anda. Lihatlah hal-hal baik pada orang lain tersebut, pada area mana bisa anda perbaiki, dan biarkan mereka menginspirasi anda.

12. Tantang diri anda

Buatlah tugas menjadi menyenangkan dengan mengubahnya menjadi sebuah tantangan. Misalkan : Dapatkah anda menyelesaikan tugas-tugas dengan cepat dan bagus? Banyak orang bisa melakukannya, jadi mengapa Anda tidak bisa?

13. Menyelaraskan diri dengan apa yang penting menurut anda

Sementara semua tips di atas bisa membantu anda, maka akan lebih mudah untuk mengatasi kemalasan jika anda melakukan sesuatu yang penting menurut anda. Anda akan memiliki kobaran api dalam diri yang membuat anda ingin bertindak. Jadi temukan sesuatu yang penting tersebut dan selaraskan diri sebanyak mungkin dengan hal itu.

Dari 13 tips di atas, saya kasih bonus beberapa tips yang saya lakukan juga 🙂 , yaitu :
1. Jalan-jalan dengan keluarga… Liburan… ke taman, kolam renang, pantai, obyek wisata atau silaturrahim saudara.
2. Mandi yang segerrrr… Ketika badan kita seger, maka kita akan jadi lebih bersemangat untuk menuntaskan agenda-agenda yang harus segera diselesaikan.
3. Just moving forward…. Ga usah banyak mikir, just do it… Selesaikan segera!
moving forward wallpaper
(Terus bergerak maju adalah satu-satunya cara untuk sampai garis finish)
Anda punya cara yang lebih ampuh untuk mengatasi rasa malas?
Share ya dengan komentar di bawah ini.
Semoga berbagai tips sukses mengatasi rasa malas ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat beraktivitas.. 🙂

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori