Banner 468x70 pxl

Marketing

Published on October 6th, 2015 | by Dany Rudiyan

Bentuk Viral Marketing Yang Optimal

Assalamu’alaikum sobat,

Bagi seorang pebisnis, Viral marketing adalah Salah satu teknik pemasaran yang bisa dibilang sangat efektif dan juga merupakan teknik yang bagus untuk promosi blog dan proses “Branding” karena biaya yang dibutuhkan relatif murah. Teknik viral marketing membutuhkan media internet dalam prosesnya.

Ada 4 bentuk viral marketing yang dapat kita gunakan untuk membantu promosi blog maupun promosi produk lainnya, yaitu:

1. Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media yang sangat bagus untuk menerapkan viral marketing. Karena dengan bergabung dengan sosial media secara tidak langsung kita juga bergabung disebuah komunitas besar. Apa yang kita share, baik tulisan, gambar, maupun video mau tidak mau bisa juga dilihat oleh sebagian orang.

Dengan sosial media, membuat kita semakin dekat dengan masyarakat. Dan jika semakin dekat dengan masyarakat maka peluang kita dikenal pun lebih besar, dan jika kita semakin dikenal, maka peluang untuk memasarkan produk kita pun semakin efektif dan efesien.

2. Ebook

E-book merupakan Salah satu bentuk viral marketing yang umumnya sangat disukai untuk proses branding. Buatlah ebook yang menarik dan memberikan solusi bagi orang-orang akan masalahnya. Lalu sebarkan dan bagikan ebook tersebut secara Gratis. Keuntungan dengan teknik ini, kita bisa menyisipkan nama kita ataupun produk kita dalam ebook tersebut, dan biarkan ebook itu menyebar luas.

Jika ada konsumen yang mengunduh, menyimpan, dan membagi-bagikan ebook tersebut kepada teman-temannya maka secara tidak langsung membuat nama dan produk kita semakin terkenal. Dan hal ini berlangsung secara terus menerus tanpa kita sadari. Inilah efek viral.

3. Video

Media lain yang bisa kita gunakan adalah video. Jika kita bisa membuat video yang menarik dan memberikan manfaat, maka upload video tersebut ke jejaring video sosial seperti YouTube. Maka biarkanlah video kita menyebar dengan sendirinya.

Sama halnya dengan ebook, berikan video berkualitas anda secara gratis, jika teman anda merasa mendapatkan manfaat dari video anda, maka teman anda tidak akan segan membagikan dan menyebarkan kembali video anda ke teman-temannya. Jadi viral khan?

4. Gambar

Menggunakan gambar sebagai media viral marketing juga sangat efektif. Karena gambar sangat mudah dan cepat menyebar. Tentulah gambar yang kita buat harus semenarik dan seunik mungkin agar setiap orang yang melihat secara sengaja dan sukarela menyebarkan kembali gambat anda. Sisipkan watermark link blog  atau nama produk anda sehingga potensi mengenalkan blog dan produk anda semakin efesien.

Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang baik dan efektif untuk dilakukan. Terlepas dari bentuk dan cara anda melakukan promosi. Teknik ini sangat cocok bagi bisnis online yang sedang dalam proses branding dan tahap perkembangan. Dengan alasan penggunaan viral marketing sangat minim biaya dan hasil pemasarannya dapat menyebar secara luas.

Oke, setelah tahu tentang ini maka sobat bisa praktekkan langsung, ini teknik pemasaran yang murah tanpa biaya. Semoga uraian ini bisa bermanfaat untuk anda 🙂

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori