Banner 468x70 pxl

Tutorial

Published on June 28th, 2015 | by Dany Rudiyan

Apakah E-mail itu?

Sebagian besar dari anda tentu saja sudah mengetahui apa yang di maksud dengan email, fungsi dari email dan lain sebagainya yang berhubungan dengan yang namanya email. Namun tidak menutup kemungkinan ada yang masih tidak mengetahui akan hal ini. Oleh karena itu sebelum lebih jauh kepada hal yang rumit semisal membuat blog atau website, ada baiknya anda mengetahui apa yang di maksud dengan Email dan segala hal yang berhubungan dengan Email.

Apa sih yang di maksud dengan email itu?

Surat Elektronik (electronic mail) atau biasa disingkat dengan email adalah sarana kirim mengirim surat atau sebuah metode untuk bertukar pesan digital melalui jalur Internet. Pengiriman surat ini berbeda dengan surat yang biasa kita kirimkan melalui media pos. Kalau surat biasa, pengirim biasanya membayar per pengiriman, contohnya dengan membeli perangko. Sedangkan untuk surat elektronik atau email, biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk mengakses internet. Perbedaan lain antara surat bisa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa Data digital yang di kirimkan melalui internet. Email terdiri dari dua komponen, yaitu header pesan dan isi pesan, yang merupakan konten dari sebuah email.

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan “mainframe” yang terbentuk sebagai jaringan. Kemudian, mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. (Wikipedia)

Apa kelebihan Email di banding dengan surat biasa?

Banyak kelebihan email di banding dengan surat biasa, salah satu yang paling menonjol adalah proses pengiriman pesan super cepat yang hanya memerlukan waktu beberapa menit atau bahkan beberapa detik saja untuk sampai di tempat tujuan walaupun jarak antara pengirim pesan.dengan penerima pesan sangat jauh. Berbeda kota, provinsi atau bahkan berbeda negara sekalipun bukan halangan.

*contoh alamat email adalah sebagai berikut:

emailkamu@yahoo.com

keterangan:

  • emailkamu : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.
  • yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju. Rinciannya sebagai berikut: yahoo = nama domain (biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan), com = top level domain (menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain internasional dan termasuk ke dalam domain dengan kategori komersil)

Email selain sebagai sarana kirim mengirim surat, juga dapat berfungsi sebagai salah satu syarat untuk membuat akun atau member di situs-situs yang membutuhkan registrasi ataupun pendaftaran. Misalnya, jika kita ingin membuat blog atau membuat akun di facebook, selain diminta untuk mengisikan nama, username dan juga password, kita juga akan diminta untuk mengisikan alamat email kita sebagai syarat registrasi atau pendaftaran, yang nantinya akan digunakan untuk memverifikasi akun atau sebagai login untuk masuk ke akun kita.

Beberapa situs penyedia layanan untuk membuat email gratis yang paling populer dan banyak digunakan yaitu Yahoo! Mail (Yahoo!), Gmail (Google), Hotmail (MSN).

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :

WebMail
Webmail adalah situs atau website yang menyediakan fasilitas Email. Beberapa Website yang menyediakan email gratis :
Google mail (gmail)
Yahoo mail
• Dan lain-lain

Email Adress / Alamat Email
Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email :
aing_yeuh@yahoo.com
aing_yeuh@gmail.com

MailBox
Mailbox ini di ibaratkan kotak surat pada umumnya, jadi apabila ada kiriman dari orang lain, maka surat tersebut akan masuk ke dalam mailbox atau kotak surat.

CC atau BCC
CC (Carbon copy), BCC (Blind Copy) adalah sama dengan tembusan. Jadi apabila anda mau mengirim surat ke lebih dari satu orang, maka masukan alamat yang lainnya ke dalam CC.

Email Client
Email Client adalah tools atau software mempermudah dalam mengatur email. Dengan software email client anda tidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke Komputer anda melalui software tersebut. Contoh software email client :
Microsoft Outlook Express
Thunder bird
• Dan lain lain

Pembahasan tentang email sepertinya sudah cukup sampai di sini aja ya, kalau masih kurang,, anda bisa searching di referensi yang lain sebagai pelengkap. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat untuk anda 🙂

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, dan Produk Custom



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • Bisnis Dari Rumah,Menyenangkan, Penghasilan Jutaan Rupiah
  • Kategori