Banner 468x70 pxl

Marketing

Published on October 25th, 2015 | by Dany Rudiyan

5 Tips Mengenal Costumer Anda

Apa yang pertama harus Anda lakukan pertama kali saat akan memulai promosi? Minum obat pusing ya? Karena terlalu banyak yang harus dilakukan… hehe.. Tapi bukan itu,  melainkan….

MENGENALI CALON CUSTOMER ANDA

Inilah awal yang harus Anda ketahui sebelum berpromosi. Tentu Anda harus mengetahui calon customer dan calon pelanggan Anda, dan tentunya perilaku masing-masing. Perlu dicatat! Perilaku konsumen selalu berubah, dan karenanya untuk memahami dan mengenali mereka prosesnya sangat menantang.

Sebagai seorang penjual, kita juga harus melihat mereka sebagai sesama manusia. Bukan hanya objek menciptakan uang Anda. Jadi kepercayaan pada Anda adalah yang terutama. Oleh karenanya, saya telah merangkumkan beberapa cara untuk semakin mengenal customer Anda.

1. Kenali Demografi Customer Anda

Semakin banyaknya informasi yang dapat Anda terima dan semakin menjamurnya pengguna sosial media, memberikan banyak informasi pada calon pelanggan dalam setiap keputusan.

Oleh karenanya, sebelum menjual barang-barang yang anda jual, sebaiknya Anda mengerti faktor demografis dan psikografis customer Anda. Paling tidak Anda mengetahui apakah dia pria atau wanita, single atau sudah menikah, punya anak atau tidak, dan lain-lain.

2. Pahami Issue yang Populer bagi Customer Anda

Pahami pembicaraan mereka, apa saja hal penting yang mereka jadikan pembicaraan sehari-hari. Dengan memahami apa yang mereka risaukan, masalah mereka, Anda pun bisa memberikan solusi lebih mudah.

Misalnya saja beberapa orang mengkomentari anak mereka yang suka jajan di sekolah. Maka Anda bisa mempromosikan barang-barang untuk bekal sekolah yang dapat dipersiapkan dari rumah.

3. Tipe komunikasi apa yang mereka sukai

Memahami persepsi orang akan bisnis Anda adalah sangat penting untuk mengukur kesuksesan. Selain itu, diperlukan adanya insight serta feedback dari mereka yang fungsinya tentu untuk perkembangan lebih baik dari yang sekarang.

Saat ini pun mendengarkan setiap percakapan melalui online adalah cara yang baik untuk menggali sentimen customer Anda.
Suatu bisnis diharapkan dapat menyampaikan pesan yang sesuai dengan marketnya.

4. Pahami Konten yang disukai Customer Anda

Yang pasti isi konten dan cara menyampaikan akan berbeda-beda untuk tiap bisnis. Namun itulah tugas Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengetahui konten seperti apa yang customer Anda sukai.

Anda bisa memiliki konten yang diberikan cuma-cuma dalam bentuk gambar, email marketing, serta artikel, dan video. Untuk itu, segeralah tes pasar Anda, dengan menggunakan artikel dsb tersebut.

Gunakan tolak ukur seperti Likes, share dan retweets, untuk mengetahui konten mana yang paling sukses.

5. Produk yang sesuai dengan pribadi customer Anda

Yang terakhir, Anda dituntut untuk dapat menyesuaikan produk dengan masing-masing customer Anda. Jangan takut, kalau anda memiliki banyak produk dari keperluan wanita pria anak-anak mulai dari fashion hingga keperluan rumah tangga dan lainnya, Anda bisa memasarkan masing-masing produk ke segmen yang berbeda.

Oke, semoga 5 tips untuk semakin mengenal customer Anda ini berguna untuk Anda. 🙂

Tags: , , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori