Banner 468x70 pxl

Tips Bisnis

Published on July 24th, 2015 | by Dany Rudiyan

5 Cara Meningkatkan Omzet 61 % (5 WAYS)

Assalamu’alaikum sobat,

Melanjutkan artikel dari Mas Berto kemarin tentang bagaimana menjadikan bisnis kita jalan sendiri sedangkan ownernya jalan-jalan, sekarang kelanjutannya adalah share tentang cara meningkatkan omzetnya. Langsung dilanjut saja baca artikel Mas Berto di bawah ini.

——————————————————————————————————————————————-

5 WAYS – Cara Meningkatkan omzet 61 %

Ilmu 5 Ways dari action coach ini jika benar-benar diterapkan hasilnya sangat mengerikan sekali.

Mengapa meningkatkan Profit 61 % ? Mengapa tidak 5.000 % ?? Hehe .. Saya pun dulu tergiur dengan iklan yang bisa meningkatkan profit 5.000 %. Mungkin memang ada, akan tetapi beberapa saja yang beruntung.

Menurut saya Profit 61 % cukup ideal dan smart.. Loh Katanya diminta bermimpi besar ?

Mimpi memang besar, tapi ada baiknya kita mulai dari Step 46 % dulu karena ini sudah teruji .

Ada pepatah : sukses itu dimulai dengan langkah pertama. Ketika Tembus 61 % anda bisa tingkatkan ke 100 % , 200 %, 1.000 % terserah anda.

Karena disinilah jurusnya.

Strategi ini saya dapat ketika saya seminar di Action Coach.

Dan menurut saya ini luar biasa sekali. Terkadang dulu saya bingung ketika buka toko tidak terkonsep, promosi suka- suka, kalau ada uang promosi, kalau ga ada uang ya tidak promosi. Rumus ini sangat menakjubkan sekali bagi saya, karena dengan kerjasama tim kita bisa meningkatkan omzet yang terstruktur, tidak tabrak-tabrakan karena semua mem-push posisinya masing – masing .

Adapun rumus 5 Ways ini adalah :

Yang terpenting diatas adalah :

bukan bagaimana meningkatkan cutomer,
bukan bagaimana meningkatkan omzet,
dan bukan bagaimana meningkatkan profit,
karena 3 hal tersebut adalah sebuah akibat.

Akan tetapi yang terpenting dalam bisnis adalah :

1. Bagaimana meningkatkan Leads ( jumlah pengunjung yang datang )
2. Bagaimana meningkatkan Conversion Rate ( Jumlah pengunjung yang datang kemudian yang benar-benar membeli barang ( dalam bentuk % )
3. Bagaimana meningkatkan # Of transaction : bagaimana caranya pengunjung kembali lagi belanja dalam bulan yang sama.
4. Bagaimana meningkatkan AVG $ Sale : Bagaimana caranya pengunjung ketika membayar di kasir masih terus dan terus menambah belanjaannya.
5. Bagaimana Meningkatkan Margin : yaitu hal-hal apa yang bisa di hemat dan ditambah untuk menambah profit.

Yang disebut 5 Ways dalam gambar diatas adalah tulisan yang berwarna BIRU.

JAdi 5 Ways inilah yang terpenting jika kita tingkatkan efeknya ke customer, omzet, dan profit.

Berikut adalah contoh strategi yang dilakukan di toko baju rambut mungil. Data-data dibawah ini adalah bukan real hanya sebagai contoh saja.

Misalnya : Toko baju rambut mungil setiap bulannya rata-rata dikunjungi oleh 10.000 orang yang datang baik yang hanya lihat-lihat maupun yang kongkow-kongkow saja.
Kemudian setelah di tes dan ukur ternyata dari 10.000 orang itu yang benar-benar belanja hanya 40 % nya saja yaitu 4.000 orang ( conversion rate ).
Setelah dihitung juga ternyata rata-rata pengunjung datang ke toko rambut mungil hanya 1 x perbulan ( #of transaction ).
Dan dari 4.000 orang itu rata-rata belanjanya masing-masing customer adalah Rp 100.000.
Setelah dikalikan maka menghasilkan omzet Rp 400 juta.
dan keuntungan bersih anda setelah dihitung adalah 20 %.

Jika Masing-masing POS dinaikkan 10 % saja berapa efeknya terhadap kenaikan Profit ?

WOW..WOW..WOW..WOW… Bayangkan, dengan menaikkan pos pada masing-masing 5 ways bisa melipatgandakan omzet anda 46 % dan profit anda 61 %, Luar biasa dahsyat!

Untuk strategi 5 ways ini biasanya kami membentuk PIC masing-masing toko dengan siapa yang menjadi Jendral Leads ( biasanya tim marketing ), siapa yang menjadi Jendral di conversion rate, dst..

Berikut contoh – contoh sederhana yang biasa saya gunakan :

Strategi Leads ( bagaimana mengundang orang dari yang tidak tau Bloop menjadi tau )

– Sebar brosur ke sekolah-sekolah
– Mengadakan seminar ke sekolah sekolah
– Promosi lewat facebook menjalin komunikasi, info-info jika ada produk baru
– Promosi lewat Twitter
– Kerjasama dengan fashion blogger Diana Rikasari

Strategi Conversion Rate ( bagaimana menjadikan pengunjung dari tidak beli menjadi beli )

– Infokan produk baru, tanyakan kebutuhan
– Menggunakan sales script
– Melakukan role play
– Membuat flowchart
– membuat kotak kritik dan saran

Strategi # Of transaction

– Untuk membuat customer balik lagi biasanya menggunakan member card.
– Setelah customer belanja diberikan kupon voucher diskon 50 % yang bisa dipakai dalam waktu 5 hari.
– Impulse buying.. mendisplay pernak-pernik kecil di depan kasir, jadi customer dari kepikiran tidak beli bisa menjadi beli karena sambil menunggu proses pembayaran dia memperhatikan display di depan kasir.

Strategi AVG $ Sale : Bagaimana customer menambah belanjanya

– Impulse buying.. mendisplay pernak-pernik kecil di depan kasir, jadi customer dari kepikiran tidak beli bisa menjadi beli karena sambil menunggu proses pembayaran dia memperhatikan display di depan kasir.

Strategi Margin : Strategi ini berkaitan dengan mengurangi biaya, ketika biaya berkurang maka prosentase margin bertambah.

– Menghemat listrik, cek apakah setiap toko tutup – air, listrik selalu mati
– Mengurangi komputer yang tidak efektif

Biasanya dalam 1 tahun saya sudah merancang 5 ways dari Januari sampai Desember, bahkan beberapa Tim inti saya lebih dahsyat lagi membuat breakdown perhari… Ini salah satu contoh format 5 ways sebagai panduan sebagai salah satu bahan rapat saya.

Strategi ini sangat luar biasa, artinya sejelek-jeleknya perencanaan 5 ways yang kita buat dan action yang kita lakukan jika masing-masing naik 5% saja hasilnya sudah cukup menggembirakan. Dan strategi ini akan kapalan buat saya sampai akhir hayat saya, karena ini adalah kunci menaikkan omzet.

BUATLAH DREAM BOOK

Ini hal yang paling lucu dalam hidup saya saat saya ngga mengerti tentang dream. Saya banyak mencela orang yang suka banget buat impian-impian di dalam buku. Setelah saya banyak ikut seminar, saya belajar bahwa orang sukses itu 99% memiliki dream book. Yang ada diotak saya saat itu .. gw ini siapa ya ? mereka yang sukses dan kaya aja pada buat dream book ..

Nah saat itulah saya coba buat dream book, bahkan bukan dream book lagi .. tapi room book .. impian impian saya tempel di dinding kamar saya .. tujuannya supaya ga hilang dan selalu ingat terus .. dan Taukah teman teman apa yang terjadi? hampir 80% impian yang saya tempel di kamar itu terwujud .. gilaaa bangett ..

SISTEM JALAN .. KAMU JALAN JALAN ..

Tak pernah berhenti bersyukur kepada Tuhan juga kepada orangtua saya, kakak, adik, istri saya serta semua tim Bloop endorse , ompang om mul eno , rozak , widro , ndull, eko, andi, andre urbie , pa adi alex serta semua tim yang tak bisa saya sebut satu persatu .. juga semua sodara kami di bloop yang sudah mandiri saat ini .. mas gaby, mba evy , om bayu ,Tono , emil , barnes … doa saya untuk kalian semua…many man thx for your contribution = ) …

temen -temen .. ini Gila banget .. kalau emang temen temen sanggup membuat sistem dan mampu mendelegasikannya .. anda bener bener akan memiliki bisnis yang jalan snediri, tanpa kehadiran anda .. dan uang akan masuk terus ..

Rahasianya .. ya ada yang saya sebut diatas tadi .. memang ini tidak mudah ..pada kenyataannya tidak akan sempurna 100 persen .. dan saya yakin semua bisnis juga ga akan ada yang sempurna .. kesempurnaan hanyalah milik Tuhan ..

Yang perlu kita lakukan adalah percaya bahwa kita bisa, dan buatlah sistem dengan sungguh sungguh, rawatlah tim inti anda, care kepada mereka, dan harus sanggup mendelegasikan sistem ini ke karyawan …

Temen temen ngga akan menyangka nantinya .. bahwa bisnis bisa jalan sendiri dan kita bisa jalan jalan ..

dibawah ini adalah saat saya jalan jalan ke London bersama keluarga .. meninggalkan bisnis yang bisa jalan sendiri .. Sudah tak kehitung berapa kali kita jalan jalan dan bisnis bisa jalan sendiri .. =)

Mengutip kata kata Harv Eker ” Kaya dan sukses adalah Skill yang bisa kita pelajari ” .. soo saya belajar dari banyak orang sukses, belajar berbisnis dan membuat sistem dari ahlinya, belajar gila dari almarhum Bob Sadino, dan buku buku saya sudah ga kehitung mungkin udah hampir 1000 buku saya punya untuk terus belajar dan belajar.

Soo ini memang benar adanya .. kaya itu skill yang bisa kita pelajari .. kita bisa kok jadi kaya juga, dengan tinggal mengikuti aja pola dan cara skill orang kaya. = )

Dan semoga dengan adanya cerita bagaimana membuat 6 langkah bisnis anda jalan sendiri. teman teman bisa lebih mengenal dekat dengan om berto .. Jadi kalau ada yang tanya SB1M itu ada atau tidak ? … ya … SB1M itu beneran ada .. hehe .. karena banyak yang bertanya SB1M itu benar atau tidak ya ? ..

Dan sebelum masuk sb1m better datang dulu aja ke bebek ginyo lantai 2 tebet utara dalam no 12, disitulah tempat komunitas sb1m berkumpul kalau di jakarta = )

akhir kata mohon maaf jika ada salah kata atau kata kata, Gud luck dan …

——————————————————————————————————————————————-

Itulah lanjutan artikel dari Mas Berto Saksono Jati tentang 5 Ways untuk meningkatkan profit bisnis. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Pengen dapat Semua artikel, tip, trik, info dari mas Berto? Daftar saja di SB1M,, selagi pendaftaran free membernya masih terbuka. Yang tertarik gabung belajar di SB1M bisa klik banner di bawah ini 😀

BANNER FREE MEMBER

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori