Banner 468x70 pxl

Web & Blog

Published on November 6th, 2015 | by Dany Rudiyan

Tips Memilih Hosting untuk Bisnis Online Anda

Ketika anda memutuskan untuk terjun di dunia bisnis online, maka anda wajib mempunyai website.

Oke, anda boleh beralasan bahwa anda mempunyai facebook, mempunyai twitter, mempunyai social media lainnya. Tapi apakah anda tidak sadar bahwa semua itu bukan milik anda? Semua itu milik orang lain dan anda hanyalah sebagai user. Ini beda masalahnya ketika anda memiliki sebuah website. Ketika anda memiliki website, artinya anda memiliki domain sebagai isi dari hosting yang anda miliki. Domain tidak akan jalan tanpa adanya hosting.

Website disini bermacam-macam bentuknya. Ada website personal, website untuk affiliate, website untuk perusahaan atau usaha offline anda, dan masih banyak lagi. Tentu disini anda harus pandai-pandai dalam memiliki domain dan hosting untuk website anda. Untuk domain mungkin anda sudah paham, tentu domain disini harus yang lebih menonjolkan branding anda atau produk anda, dan bukan domain gratisan ya. Pemilihan hosting disini akan menjadi sangat penting. Terutama ini berlaku bagi anda yang mengelola website lebih dari 1. Ketika anda mempunyai banyak domain, dan anda salah atau kurang tepat dalam memilih hosting, maka hampir bisa dipastikan anda akan mengalami kesibukan luar biasa hanya untuk mengurusi hosting anda. Padahal diluar masalah itu anda masih harus fokus dengan bisnis online anda…

Menurut saya pribadi, memilih hosting itu adalah hal penting. Sebelumnya, ada baiknya anda merubah mindset anda sendiri bahwa “ingin murah dapatnya bagus”. Ketika anda memilih hosting yang murah, maka anda jangan protes dengan kualitasnya yang dibawah standar. Ini wajar terjadi karena “rego gowo rupo”. Hal ini benar-benar saya alami ketika saya memutuskan untuk benar-benar terjun di bisnis online. Saya membeli domain, saya membeli hosting. Tapi semua saya fikirkan dengan rencana yang matang juga…

Berbicara tentang hosting maka tidak akan jauh dengan masalah budget. Yaps, karena hosting yang murah akan memiliki kualitas yang murahan, dan sebaliknya. Beberapa bulan lalu saya menemukan hal ini secara nyata. Salah seorang kawan saya yang juga fokus di bisnis online. Beliau memiliki 3 domain dan 3 hosting. Coba anda bayangkan betapa ribetnya mengurusi 3 hosting untuk domain. lebih simple manakah apabila anda memiliki 10 domain dengan hanya 1 hosting saja?

Kriteria hosting yang tepat menurut saya adalah sebagai berikut:

1. Space unlimited atau paling tidak di atas 10 GB
Dengan space sebesar itu, maka anda bisa melakukan apapun di hosting anda. Kebutuhan bisnis anda akan bisa anda tuangkan dalam bentuk apapun. Anda tidak akan berfikir limit space dan semacamnya.

2. Bandwidth unlimited
Ini juga sangatlah penting. Dengan bandwidth yang besar maka kecepatan dari website yang anda miliki juga akan semakin bagus. Semakin besar database yang anda miliki maka beban bandwidth yang ada dalam hosting anda akan semakin berat. Dan dengan bandwidth unlimited anda tidak akan bingung ketika database yang anda miliki memiliki space yang besar.

3. Unlimited domain
Nah ini yang sering dilupakan banyak orang, semoga anda bukan di antara orang-orang tersebut. Ketika anda memiliki banyak domain, maka sebaiknya anda memiliki 1 hosting. Dengan begitu anda hanya akan mengurusi 1 server hosting anda. Jangan sampai anda memilih paket hosting dengan hanya menyediakan 1 domain saja, ini tentu akan semakin menyulitkan anda dalam mengelola website anda.

4. Support lifetime dan 24 jam tanpa libur di akhir pekan
Support pasti anda butuhkan, sebagus apapun kualitas hosting yang anda miliki. Maka dari itu, penting ketika anda membeli sebuah hosting maka anda perlu melihat support after sales dari layanan hosting tersebut bagus atau tidak.

5. Server
Ini ada kaitannya dengan traffic yang datang ke website anda. Ketika server hosting yang anda miliki itu bagus, maka anda tidak akan bingung dengan judul “server down”.

Saya punya rekomendasi untuk anda untuk membeli hosting. Untuk luar negeri, anda bisa membeli ke hostgator, atau hawkhost. Untuk dalam negeri anda bisa membelinya di NiagaHoster (Gunakan KUPON: NH-10 untuk Diskon 10%). Anda bingung metode pembayarannya? Memang sih .. Kalau luar negeri memang harus memakai paypal atau kartu kredit. Kalau memang cari mudahnya anda bisa pakai hosting lokal saja.

Jadi, mulai saat ini juga, ada baiknya anda memilih hosting yang tepat untuk bisnis anda sendiri 🙂

DAPATKAN eBOOK GRATIS & INFO UPDATE TERKINI!

Daftar mailing list kami dan Dapatkan info menarik dan terupdate di dalam email anda

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli
  • Bisnis Dari Rumah Penghasilan Jutaan Rupiah
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori