Banner 468x70 pxl

Web & Blog

Published on April 22nd, 2015 | by Dany Rudiyan

Tentang Blog dan 6 Penyedia Blog GRATIS untuk Website Anda

Blog adalah aplikasi web berupa tulisan yang dimuat dalam postingan dan ditampilkan melalui media website. Nah, tulisan yang dimuat dalam blog ini dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pengguna internet. Aktivitas menambahkan maupun mengatur konten pada blog dinamakan blogging. Anda bisa melihat contohnya melalui web ini, ya, web danyrudiyan.com , ini salah satu blog berplatform wordpress.

Blogging belakangan telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Bahkan, ada pula yang menjadikan blogging sebagai profesi dan menyebut diri mereka sebagai blogger, lho! Tapi tunggu dulu, ulasan saya kali ini tidak secara spesifik membahas kiprah blogger-blogger berpengaruh di dunia. Pada kesempatan ini topik bahasan berfokus pada membuat blog dan mengapa blog penting untuk bisnis Anda.

Ide awal dari fenomena blogging ini sebenarnya sederhana: berbagi melalui tulisan. Kebetulan medianya adalah internet, jadi tulisan ini dapat diakses oleh lebih banyak orang dengan mudah. Blog sendiri mulai dikenal dan populer pada tahun 1990-an. Karena pada waktu itu penulisnya adalah si empunya blog sendiri (tidak seperti sekarang, dimana suatu blog bisa berisi beberapa penulis), maka tak heran apabila isi blog biasanya berupa pendapat pribadi yang bersifat kasual. Seiring berjalannya waktu, blog kini banyak difungsikan untuk menampilkan media pembelajaran, rilis resmi institusi pemerintahan, hingga media informasi perusahaan.

Mengapa website bisnis saya membutuhkan blog?

Sebelum melanjutkan lebih jauh, kami hendak tegaskan bahwa ya, website bisnis Anda membutuhkan blog. Mengapa? Alasan utamanya adalah Anda dapat mengerti kebutuhan konsumen lebih baik dengan menggunakan blog. Melalui blog, Anda dapat menyampaikan tema-tema menarik agar pelanggan semakin sering datang ke website Anda. Semakin banyak Anda berbagi konten yang menarik & berguna, semakin besar pula kemungkinan Anda dipandang sebagai thought leader atau figur terpercaya sebagai sumber informasi. Disadari atau tidak, hal ini turut menaikkan kredibilitas perusahaan dan mendorong pengunjung website Anda mendekati ‘titik konversi’ – titik dimana mereka menaruh cukup kepercayaan pada apa yang Anda berikan dan memutuskan untuk melakukan transaksi.

Tahukah Anda bahwa postingan blog cenderung lebih dipercaya oleh user dibandingkan siaran pers resmi suatu perusahaan?

Nah, di sinilah kesempatan Anda! Anda dapat mengembangkan blog perusahaan Anda sebagai sarana mendatangkan pelanggan lebih banyak. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mulai menulis. Kemudian, jangan lupa untuk terus memperbaruinya secara berkala.

Membuat blog sendiri sama sekali tidak sulit. Anda bahkan dapat membuatnya secara gratis menggunakan layanan penyedia blog yang tersedia di internet. Jika sudah membuat, jangan lupa untuk mendaftarkan blog tersebut ke dalam sub-domain website Anda agar trafik yang masuk dapat turut meningkatkan performa website Anda. Berikut kami sajikan 6 penyedia blog gratis khusus untuk Anda. Selamat menikmati.

1. Blogger / Blogspot

Anda pasti pernah mendengar layanan penyedia blog yang satu ini. Blogger atau Blogspot (sering disebut demikian karena top domainnya bernama blogspot) merupakan salah satu penyedia layanan blog yang paling awal berdiri, pada tahun 1999. Bagi pembuat blog awam, rasanya Blogger bisa menjadi pilihan tepat karena sangat mudah digunakan. Bahkan Anda tidak perlu melakukan pengaturan terlalu rumit demi mendapatkan blog dengan tampilan yang baik. Anda hanya memerlukan akun Google untuk dapat mulai membuat blog di website mereka, atau ikuti panduan ini untuk informasi lebih lanjut mengenai cara membuat blog di Blogger.

2. WordPress

WordPress merupakan salah satu layanan penyedia blog yang paling banyak digunakan. Fitur dan tampilan menarik membuat WordPress meraih popularitas hingga kini. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan storage 3GB, proteksi spam, kebebasan memilih beragam tema, layanan pelanggan gratis, dan masih banyak lagi. Tutorial cara membuat blog WordPress bisa Anda temukan di sini. Anda juga dapat langsung menuju website resmi mereka untuk informasi lebih lanjut.

3. Blog.com

Anda hanya perlu membuat blog di Blog.com. Layanan ini telah digunakan oleh jutaan orang di dunia ini dan dianggap sebagai salah satu layanan pembuatan blog terbaik di dunia hingga hari ini. Informasi lebih lanjut mengenai Blog.com ini bisa didapatkan di website resmi mereka, dan jika Anda masih bingung cara membuat blog gratis dengan layanan ini, silakan simak tutorial berikut.

4. Weebly

Weebly adalah layanan pembuatan website/blog berbasis drag & drop yang mudah digunakan sehingga blog Anda dapat terlihat menarik hanya dalam hitungan menit saja. Didirikan pada tahun 2006, Weebly dengan cepat mencuri perhatian. Hingga saat ini, Weebly telah memiliki lebih dari 20 juta website aktif dan mendapatkan lebih dari satu juta unique user tiap bulan. Bahkan, pada saat ini mereka menduduki peringkat 279 Alexa! Berikut kami juga sajikan tutorial cara membuat blog gratis di Weebly. Untuk langsung membuat blog, Anda dapat langsung mengakses website mereka di link ini.

5. Penzu

Jika Anda lebih menyukai blog dengan sentuhan personal, rasanya Penzu cocok untuk Anda. Seperti yang tertera dalam tagline mereka “Create Your Own Personal Journal and Online Diary Now”, Penzu mengizinkan Anda untuk membuat jurnal pribadi sesuai dengan keinginan hati. Karena privasi user lebih diutamakan, Penzu agaknya kurang cocok untuk blog bisnis yang bisa dengan mudah diakses dan dilihat oleh semua orang. Namun, sebaliknya, jika Anda ingin menyimpan catatan bisnis Anda secara online namun dengan perlindungan ekstra, Penzu jelas dapat diandalkan. Tutorial cara membuat blog menggunakan Penzu bisa Anda lihat di sini.

6. Tumblr

Ketika WordPress dan Blogger sedang dalam persaingan ketat, Tumblr muncul pada tahun 2007 dan menyedot perhatian. Banyak yang menyebut Tumblr sebagai ‘superblog’ karena kemampuannya menampilkan audio, video, dan teks dengan sangat mudah. Boleh dibilang Tumblr merupakan salah satu penyedia blog paling populer saat ini. Mereka bahkan memiliki lebih dari 150 juta pengguna online! Tertarik bergabung dengan komunitas blog mereka? Untuk membuat blog di Tumblr, Anda dapat mengikuti petunjuk tutorial ini dan kemudian sign-up di website resmi mereka di sini.

Dengan membuat blog, semakin bertambah cara Anda dalam menjangkau pelanggan lebih banyak dari internet. Melalui blog pula, Anda dapat menunjukkan citra positif perusahaan Anda di mata pelanggan. Namun, apabila Anda masih membutuhkan website untuk bisnis dan toko online, Anda tidak perlu khawatir. Jasa pembuatan website JasaWebTokoOnline siap membantu Anda!

Terima kasih telah membaca ulasan ini. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam meraih kesuksesan bisnis di kemudian hari. 🙂

DAPATKAN eBOOK GRATIS & INFO UPDATE TERKINI!

Daftar mailing list kami dan Dapatkan info menarik dan terupdate di dalam email anda

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli
  • Bisnis Dari Rumah Penghasilan Jutaan Rupiah
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori