Banner 468x70 pxl

Marketing

Published on September 29th, 2015 | by Dany Rudiyan

Strategi Membangun Branding di Grup Facebook

Assalamu’alaikum sobat,

Seperti Anda tahu, kebanyakan orang menggunakan grup Facebook dengan cara yang salah. Lihat saja di grup-grup Facebook yang jika Anda lihat hanya berisi update posting tentang peluang bisnis, produk, dan fitur-fitur perusahaan.

Setiap hari, setiap jam, menit dan detik isinya itu-itu saja, dan jika Anda bertanya kepada saya alasan mengapa saya membuat grup Facebook komunitas dan bagaimana cara saya memberikan informasi peluang bisnis kepada orang-orang, jawabannya adalah dengan mengubah strateginya menjadi lebih tenang, lebih halus, memberikan nilai di depan, menjadi solusi dan hasilnya selalu tepat sasaran!

Dan jika Anda memiliki grup pribadi, saran saya adalah Anda harus mengontrol konten Anda, member grup Anda, dan apa yang bisa dan tidak diperbolehkan dalam grup Anda

Baiklah, saya akan langsung membagikan poin-poin pentingnya kepada Anda sekarang, yaitu bagaimana cara mulai membuat grup Facebook yang profesional.

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah, grup Facebook Anda memiliki fungsi utama untuk membangun branding Anda, atau dengan kata lain adalah menaikkan nilai Anda di mata orang lain.

Kenapa seperti itu?

Karena bagian yang paling berharga dari grup Facebook Anda adalah ANDA sendiri.

Selalu harus Anda ingat bahwa orang-orang bergabung dengan grup Facebook Anda karena mereka ingin melihat konten Anda dan karena ANDA. Artinya ANDA adalah sumber yang paling bernilai bagi grup Anda.

Saya akan memberikan contoh dengan fungsi dan jenisnya… jika Anda ingin berbagi topik tentang kebugaran atau kesehatan pada member di grup Facebook Anda, maka buatlah grup yang terus-menerus memberikan nilai untuk audiens yang merupakan target market Anda dengan cara menawarkan SOLUSI yang menjawab masalah yang akan membantu mereka.

Beberapa target dan tujuan yang sebaiknya Anda miliki saat Anda menciptakan sebuah grup adalah sebagai berikut:

  • Tribe Community – Orang ingin merasa seperti mereka berada di suatu tempat dan dihargai. Membuat grup FB  adalah cara yang bagus untuk mengembangkan komunitas online. Anda bisa memeriksa di Grup Facebook saya – klik disini.
  • Konten – Saat Anda memutuskan aktif di grup setiap hari, maka Anda dapat melihat efek yang sama seperti Anda menerapkan strategi email marketing. Artinya tidak semua orang membuka atau melihat email Anda, tetapi beberapa orang akan melihat segala sesuatunya, dan itu juga berlaku di Facebook. (Jadi mari kita hadapi kenyataan itu). Terus memposting video dan update status yang bernilai (seperti posting di blog) yang intinya sangat menarik agar para audience Anda di Facebook menikmat semua konten Anda.
  • Mendorong Traffic – Jika Anda mengembangkan follower di grup komunitas Anda dengan melayani mereka melalui berbagai jenis konten yang cukup baik, maka Anda akan memiliki pengikut yang sangat aktif terlibat dan akan mengikuti Anda ke mana pun Anda ingin mereka pergi ke postingan di blog atau platform online Anda yang lainnya.
  • Membantu Pertumbuhan Bisnis dan Pengembangan Pribadi – Ini adalah hal terbesar yang tidak semua orang mau melakukannya. Jika Anda hanya berbagi kepada mereka yang menjadi tim Anda, maka bisnis Anda tidak seluas lautan (Blue Ocean). Yang saya lakukan adalah mengajarkan metode “memimpin dengan nilai” dengan membantu orang lain tanpa mengharap kembali.

Bagi saya pribadi, psikologi manusia adalah bagaimana orang ingin mengetahui mengapa Anda seperti itu, mengapa Anda melakukan ini dan itu atau hal lainnya, karena orang tertarik dengan orang.

Faktor penentu keberhasilan Anda membangun bisnis adalah kemampuan MEMBERI dan MELAYANI begitu banyak orang!

Ada beberapa jenis posting di grup Facebook… Anda bisa memanfaatkan semua fitur-fitur yang ada di grup Facebook untuk menciptakan variasi, namun tetaplah menjaga kesederhanaan dan selalu memberikan nilai dalam grup Anda.

Hal terpentingnya adalah Anda harus mengontrol dan memimpin dengan cara yang benar. Karena jika tidak, maka dalam grup Anda akan terjadi korban “sindrom hal-hal yang bersinar”, yaitu mereka yang hanya menumpuk teori baru, cepat bosan tanpa pernah melakukan apa yang dia sudah pelajari.

Sindrom seperti itu buruk sekali karena membuat orang fokus pada terlalu banyak hal dan itu yang membuat mereka mejadi master of none (tidak menguasai keahlian apa pun).

Maka buatlah posting Anda sangat simpel agar Anda berhasil membuat grup Facebook Anda tetap sederhana namun memiliki nilai yang semakin membangun merek Anda dan menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk Anda.

  • Selamat Datang – Berikan ucapan selamat kepada orang-orang yang masuk ke dalam grup Anda. Ini segera menciptakan rasa nyaman, penerimaan, dan mereka merasa baik ketika orang-orang mengakui mereka dalam kelompok Anda karena membuat mereka merasa diterima. Langkah ini adalah apa yang membedakan grup Anda dengan grup yang lainnya. Jadi berikan selamat datang melalui tulisan atau video karena ini adalah langkah sederhana yang akan membuat mereka ingin kembali ke grup Anda.
  • Mengajukan Pertanyaan – Ciptakan percakapan yang melibatkan orang-orang di grup Facebook Anda. Sebagian besar apa yang saya posting hanya menyapa dan memberikan pertanyaan mudah. Karena orang suka berdebat, suka berbagi pendapat dan lain-lain. Itu sebabnya jika Anda lihat di Facebook sendiri, mereka mengajukan pertanyaan “Apa yang Anda pikirkan?” Jadi lakukan hal yang sama, berikan “pertanyaan dengan pilihan” dan libatkan opini yang fantastis dari pemula dan mereka yang sudah menjadi pakar.
  • Konten – Berikan nilai yang memecahkan masalah. Caritahu apa rasa sakit mereka, keinginan mereka, kebutuhan mereka, dan hal-hal lain yang di butuhkan orang-orang yang menjadi target Anda. Lalu Anda bisa membuat konten gambar atau konten dari buku bacaan, video, dan apa pun yang isinya memiliki solusi untuk mengatasi banyak masalah dalam bisnis yang dapat membantu cukup banyak kebutuhan audiens target Anda dalam grup Facebook Anda.
  • Produk – Saya lebih suka untuk berbagi dan mempromosikan produk yang saya pribadi telah gunakan atau saya miliki kepercayaan yang baik atas produk tersebut. Sekitar 10% dari postingan saya adalah afiliasi atau produk saya sendiri yang dapat memenuhi kebutuhan audiens saya.
  • Gambar – Tampilkan gaya hidup, kutipan pengembangan pribadi, dan saya sarankan Anda menggunakan alat yang cukup keren seperti canva.com
  • Testimonial – Video adalah yang terbaik selain gambar. Berbagilah kisah sukses Anda dan juga kisah sukses pebisnis lain, itu yang saya lakukan. Karena testimonial orang-orang sangat membantu yang lain untuk lebih cepat dan mudah mengambil keputusan. Orang merujuk kepada orang, itu membangun kepercayaan lebih besar dan kredibilitas di dalam bisnis Anda.
  • Pengakuan – Ini adalah cara terkuat. Setiap kali seseorang memiliki prestasi, baik itu mendapatkan prospek baru, penjualan, new sign-up, membuat terobosan, memulai tindakan besar dan hal lain yang sejenis, maka segera berikan pengakuan kepada orang-orang di grup Anda, “TAG” dia agar dia tahu TINDAKAN yang mereka lakukan adalah benar dan memuliakan.

Jadi itulah strategi branding yang bagus untuk Anda agar memiliki lebih banyak prospek berkualitas dan lebih banyak uang masuk ke rekening Anda.

Dan Anda dapat terus memasukkan lebih banyak kontak dengan membuat dan menambahkan orang baru ke grup Anda.

Semoga strategi branding via Group Facebook ini bisa bermanfaat untuk anda 🙂

DAPATKAN eBOOK GRATIS & INFO UPDATE TERKINI!

Daftar mailing list kami dan Dapatkan info menarik dan terupdate di dalam email anda

Tags: , , , , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli
  • Bisnis Dari Rumah Penghasilan Jutaan Rupiah
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori