Banner 468x70 pxl

Bisnis Online

Published on April 26th, 2015 | by Dany Rudiyan

Pentingnya Mempelajari Bisnis Online Secara Keseluruhan

Untuk sukses dalam hal apapun kita perlu belajar. Termasuk apabila kita ingin menghasilkan passive income dan meraih keberhasilan dalam bisnis online, kita juga perlu belajar.

Nah dalam mempelajari bisnis online, ada dua hal utama yang perlu dipelajari. Dua hal utama tersebut antara lain :

  • Gambaran besar (konsep-konsep) utama dalam bisnis online.
  • Hal-hal teknis terkait bisnis online.

Contoh pembelajaran tentang gambaran besar bisnis online misalnya : pemahaman tentang model bisnis, pemahaman tentang bagaimana mendatangkan trafik website, pemahaman tentang bagaimana meningkatkan konversi penjualan, dan pemahaman tentang manajemen bisnis online. Intinya pembelajaran tentang “gambaran besar” ini lebih mengarah pada aspek bisnis.

Sedangkan pembelajaran tentang hal teknis lebih mengarah kepada pembelajaran tentang SEO, pembelajaran tentang cara beriklan di Facebook, pembelajaran tentang bagaimana cara membuat website, pembelajaran tentang bagaimana cara membuat aplikasi untuk website, dan lain sebagainya. Intinya pembelajaran tentang hal teknis lebih mengarah kepada hal-hal detail dan teknis.

Lantas dari kedua hal di atas, mana yang lebih penting? Mana yang harus dipelajari lebih dahulu? Mari kita bahas dua pertanyaan ini.

Dua-Duanya Sama-Sama Penting

Kedua hal tadi (gambaran besar dan skill teknis) sama-sama penting. Diibaratkan otak kanan dengan otak kiri, keduanya sama-sama diperlukan dan harus berjalan bersamaan. Bayangkan sebuah bisnis begitu kreatif (otak kanan), tetapi aspek kritis dan analitis (otak kiri) dibuang jauh-jauh (bahkan dihilangkan). Bisa ditebak keputusan dalam bisnis tersebut akan kreatif, tetapi kadang mengarah pada hal-hal bodoh. Mengapa? Karena semua keputusan diambil berdasarkan intuisi bukan berdasarkan data dan fakta. Mana yang lebih penting, otak kanan atau kiri? Keduanya sama-sama penting. Kreatif dan kritis itu sama-sama penting.

Nah demikian halnya dalam bisnis online, pembelajaran tentang gambaran besar dan skill teknis itu penting. Percuma saja seseorang tahu gambaran besar tetapi tidak tahu urusan teknis. Ia bisa berbicara banyak tentang bisnis online dari A – Z, tetapi kalau diminta menjelaskan tentang cara kerja SEO, cara membuat web, ia tidak paham. Demikian halnya kalau kita jago banget SEO, jago banget membuat website, tetapi kita tidak tahu bagaimana cara menjadikan dua kemampuan tadi sebagai sebuah nilai jual dalam bisnis.

Kedua hal tadi (teknis dan gambaran besar) harus berjalan bersamaan. Keduanya saling melengkapi.

Hanya saja, dalam mempelajari dua hal tadi (teknis dan gambaran besar) ada strategi yang perlu kita gunakan. Jika kita memakai strategi ini, kita bisa belajar dengan lebih optimal. Bahkan, bila strategi ini dipakai kita berpeluang lebih besar untuk sukses di bisnis online.

Ini dia strategi belajarnya.

Mulailah Dengan Mempelajari Gambaran Besar

Jika dapat memilih maka pilihlah untuk belajar gambaran besar terlebih dahulu. Ibaratkan Anda akan masuk ke sebuah pertandingan di hutan. Untuk memenangkan pertandingan dalam “hutan” bisnis online, Anda harus kenal medan pertandingannya. Anda harus tahu betul kondisi “hutan” tersebut. Sekalipun Anda jago dalam permainan senjata, Anda belum tentu menang dalam pertandingan bila Anda tidak tahu kondisi “hutan” tersebut.

Untuk itu, sebelum masuk (terjun) ke pertandingan bisnis online pastikan Anda sudah paham dulu kondisi “hutannya” seperti apa. Nah supaya paham kondisi hutan maka Anda perlu belajar gambaran besar dari bisnis online. Seperti apa gambaran besar bisnis online? Gambaran besar yang perlu dipelajari antara lain :

  • Mindset-mindset yang tepat dalam bisnis online.
  • Model bisnis online.
  • Alur menghasilkan uang dari internet.
  • Berbagai sarana yang diperlukan untuk mendukung bisnis online.
  • dan masih banyak lagi.

Nah dari mana belajar mengenai gambaran besar ini? Anda bisa belajar dari buku, seminar, workshop, ataupun dengan belajar langsung dari mentor. Hanya saja, proses belajar gambaran besar ini bukan proses sekali belajar langsung selesai, melainkan prosesnya akan berlangsung terus menerus selagi Anda masih berbisnis. Kita tidak boleh berhenti belajar. Semakin banyak yang kita pelajari maka kita akan semakin paham “gambar besar” dari bisnis online.

Intinya, kalau Anda mau belajar “gambar besar” maka perbanyaklah membaca dan belajar tentang hal-hal yang berbau mindset, konsep, ataupun gambaran secara keseluruhan.

Nah, setelah kita tahu gambaran besar dan konsep utamanya barulah kita mempelajari hal-hal teknis yang diperlukan untuk mendukung bisnis online kita. Ketika Anda ingin membangun bisnis online yang sukses, Anda tidak harus bekerja sendiri. Anda bisa bekerja dalam tim. Jadi Anda melakukan pembagian tugas. Misal Anda mau membangun sebuah website media online maka Anda bisa bagi tim Anda menjadi beberapa bagian. Ada yang bertugas untuk desain, ada yang bertugas untuk konten, sementara Anda berfokus pada mendatangkan trafik dan pengembangan bisnis.

Dengan pemahaman tentang “gambar besar” Anda tahu mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang bukan prioritas. Selain itu, ketika Anda sudah memahami “gambar besar” maka untuk urusan teknis tidak harus Anda yang kerjakan. Anda bisa membayar content writer, Anda bisa membayar desainer. Nah kemudian Anda bisa fokus pada hal-hal prioritas seperti pengembangan bisnis. Dengan adanya pembagian tugas semacam ini, Anda bisa menjadi lebih produktif dan bisnis Anda akan semakin berkembang.

Dari Mana Mempelajari Hal-Hal Teknis?

Untuk belajar hal-hal teknis, Anda dapat belajar dari banyak sumber. Bisa belajar dari buku, workshop, seminar, webinar (seminar online), dari mentor, ikut kelas, atau bahkan cukup dengan sekadar rajin-rajin browsing di internet. Hanya saja, ada kekurangan kalau kita hanya paham skill teknis tanpa tahu gambaran besar dari bisnis online. Kekurangannya adalah ketika terjadi perubahan kita akan kalang kabut. Contoh begini.

Ada si A yang jago banget skill teknis Twitter marketing. Dia bisa punya akun Twitter yang punya ribuan followers. Akun Twitter tadi menjadi andalan si A dalam berbisnis online. Nah suatu hari Twitter tutup. Jika si A hanya tahu skill teknis Twitter marketing, tanpa tahu gambaran besar bisnis online maka bisnis si A juga bisa tutup. Lain halnya kalau si A jago teknis dan paham bisnis online secara keseluruhan. Kalaupun toh Twitter tutup, si A masih bisa beradaptasi sebab dia tahu bagaimana sistem bisnis internet itu bekerja.

Bicara soal teknis dan gambaran besar ini, saya jadi teringat dengan sistem pendidikan kita. Sistem pendidikan kita cenderung terlalu fokus pada detail dan teknis. Bayangkan saja, sejak kecil kita diajari untuk pandai dalam semua mata pelajaran. Harus bisa matematika, harus bisa Fisika, Kimia, harus pandai bahasa Inggris, harus andal berbahasa Indonesia, harus bisa Geografi, sejarah, sosiologi, semua kita pelajari. Padahal apa semuanya penting? Contoh, kalau kita mau jadi pebisnis kuliner, apa iya kita harus jago Fisika? Nggak kan..
kecuali kita mau jadi pebisnis kuliner yang juga astronot. 😀

Nah bahayanya kalau anak-anak sekolah tadi hanya tahu teknis dan detail tanpa tahu gambaran besar. Mereka akan jadi orang-orang yang bingung kalau ada perubahan. Presiden disalahkan, pemerintah dibilang ndak becus. Ya yang ndak becus itu justru mereka. Kalau mereka paham “gambar besar” dan sistem keseluruhan dari ekonomi, mereka akan adaptif terhadap perubahan.

Tak heran banyak yang menyebut bahwa sekolah di Indonesia itu hanya mencetak karyawan untuk menjalankan bisnis, bukan untuk membangun dan memiliki bisnis. Untuk itu jangan hanya jago teknis, tetapi pahamlah tentang “gambaran besar” dan bagaimana sebuah sistem bisa bekerja.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang berniat belajar serius tentang bisnis online tapi bingung belajar dari mana dulu. Silahkan share jika bermanfaat bagi teman-teman anda 🙂

DAPATKAN eBOOK GRATIS & INFO UPDATE TERKINI!

Daftar mailing list kami dan Dapatkan info menarik dan terupdate di dalam email anda

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli
  • Bisnis Dari Rumah Penghasilan Jutaan Rupiah
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori