Banner 468x70 pxl

Bisnis Online

Published on September 13th, 2015 | by Dany Rudiyan

Menikmati Bisnis yang Memberikan Kebebasan

Assalamu’alaikum sobatku,

Freedom atau Kebebasan memang adalah sesuatu yang diinginkan oleh manusia sejak jaman dulu. Manusia sejak jaman dulu ingin memiliki kebebasan dalam mengungkapkan pendapat, kebebasan dalam menentukan apa yang ingin dilakukan dan kebebasan untuk menjalani hidupnya seperti yang diinginkan.

Manusia dari asalnya tidak suka dikekang, tidak suka diatur terus menerus dan tidak suka hidupnya diatur oleh orang lain. Anda setuju dengan hal ini?

Nah, saya menyukai konsep memiliki kebebasan atau freedom ini terutama yang berhubungan dengan karir atau bisnis. Saya tidak suka dengan ide untuk kerja di kantor yang sama, suasana yang sama dari jam 8 pagi s/d 5 sore setiap hari apalagi sampai selama 10 tahun ke depan he…he… ma’af kalau ucapan saya ini ada yang merasa tersinggung.. saya hanya mengungkapkan keinginan tentang kebebasan / freedom bagi diri saya, kalau anda merasa nyaman dengan ide kerja di kantor yang sama, suasana yang sama dari jam 8 pagi s/d 5 sore setiap hari apalagi sampai selama 10 tahun ke depan ya silahkan 🙂

Saya punya keinginan bisa bekerja jam berapapun saya mau. Mau subuh, mau malam, terserah saya. Mau kerja di kantor, mau kerja di toko atau mau kerja di tempat rekreasi, terserah saya.

Itu sebabnya saya sejak dulu tahu bahwa saya tidak mungkin jadi karyawan terus menerus (saya sempat jadi karyawan swasta selama 9 tahun di 2 perusahaan swasta) karena rasanya sayang sekali jika saya punya kemampuan bekerja dan punya passion kuat mengembangkan skill saya harus tersalurkan di perusahaan orang lain. Lebih baik kemampuan saya dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis sendiri atau untuk usaha keluarga, bagi saya itu lebih baik.

Memang saya sempat lama bekerja di perusahaan swasta, karena saat lulus kuliah saya punya keinginan bekerja untuk menambah pengalaman dan mengembangkan mental dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya, itulah sebabnya saya kontrak kerja 2 tahun dengan salah satu perusahaan swasta. Lalu saat pindah ke perusahaan swasta yang kedua, saya mulai punya niat mengumpulkan modal untuk bisnis pribadi. Saya tidak tahu kapan persisnya keinginan untuk memiliki kebebasan seperti ini muncul, tapi kalau saya ingat-ingat, sepertinya munculnya saat selesai menyelesaikan kontrak kerja di perusahaan yang pertama. Saat itu saya diajak kakak saya untuk hadir di suatu seminar bisnis yang mengungkapkan tentang Finansial Freedom, maka tergerak jiwa saya untuk melangkah ke dunia bisnis.

Saya ingin memiliki bisnis atau karir yang bisa memberikan kebebasan sehingga lebih fleksibel, baik jam kerjanya maupun tempat kerjanya.

Jadi saat saya mulai tahu adanya bisnis online, saya langsung merasa “Yes! Ini dia bisnis yang paling cocok buat saya!”. Terus terang memang hobi dan passion saya dari dulu senang bekerja di depan komputer dan berselancar di internet.

Ada banyak kelebihan dari bisnis online sehingga membuat bisnis ini menarik. Saya sebutkan 5 point kenapa bisnis online adalah bisnis yang sangat menarik bagi saya.

1. Lebih Bebas karena Bisa Dijalankan Dari Mana Saja

Pada dasarnya Anda hanya butuh laptop/ipad/tablet dan koneksi internet untuk bisa menjalankan bisnis online Anda. Jadi saat saya mulai membaca-baca dan tahu bahwa bisnis online bisa mendatangkan hasil yang besar dan bisa dikerjakan dari mana saja (sambil travelling), wah saya langsung tertarik dan berkata dalam hati “Wah ini yang saya cari-cari selama ini! Jalan-jalan, sambil bisa kerja”. Anda mau juga khan? 😉

2. Saya Tidak Suka Jadi Sales atau Jualan secara Langsung

Saya dari kecil sangatlah pemalu, apalagi kalau harus menghadapi orang lain untuk berjualan. Setelah saya kuliah dan bekerja memang rasa malu itu mulai terkikis sedikit demi sedikit bahkan saya memberanikan diri untuk jadi agen perusahaan asuransi terkenal. Tapi memang ada perasaan tidak nyaman untuk menawarkan sesuatu dan menjual secara langsung seperti itu terus menerus. Kita semua tahu bahwa semua bisnis, hidupnya dari penjualan, dapat customer. Berarti harus tetap jualan dong?

Nah saat saya mulai mendalami online marketing, saya seperti tercerahkan. Saya jadi tahu apa itu marketing, apa bedanya dengan sales. Ternyata itu dua jurusan yang berbeda.

Saya belajar bahwa dengan strategi marketing yang tepat, kita bisa membuat orang jadi tertarik dengan apa yang kita tawarkan, lalu mereka yang menghubungi kita. Jadi kita hanya bicara dengan orang yang tertarik saja.

Wow Luar Biasa!! Saya langsung tertarik! Inilah yang saya cari!

Apalagi ini secara online atau melalui internet sehingga kita benar-benar malah tidak perlu bertemu langsung.  Jualan sesuatu, orang yang tertarik menghubungi kita, terus mereka bayar dan dapat apa yang mereka beli. Hebat Banget!!

Ini sesuatu yang sangat pas buat saya!” begitulah pikiran saya saat pertama belajar tentang bisnis online. Itu yang membuat saya tertarik terus belajar dan menekuninya.

3. Modal Awal dan Resiko Relatif Kecil

Salah satu sebab utama saya tertarik dengan bisnis online adalah karena modal yang diperlukan relatif kecil. Kakak saya sudah memulai bisnis secara konvensional (punya toko fashion) sebelum saya belajar bisnis online, dan kakak sering memberitahu tentang bisnis offlinenya pada saya. Saya pun suka buka bisnis offline tapi terkendala di modal. Oleh sebab itu saya mulai terpikir menggerakkan bisnis online lebih dulu karena biayanya lebih kecil dibanding buka bisnis offline/nyata. Kakak saya kuat modalnya karena punya penghasilan jauh lebih besar dibanding saya sedangkan saya.. hehehe.. kalau dipaksakan buka usaha offline entar untuk keperluan keluarga bisa tidak terpenuhi nih..

Anda tidak percaya bisnis online modal awalnya dan resikonya kecil? saya berikan contohnya agar anda jelas menerimanya.

Sebagai contoh, Anda misal mau buka restoran atau yang kelas depot saja. Anda harus bayar biaya sewa atau beli tempatnya. Kalau mau ramai, perlu tempatnya cukup strategis, otomatis biaya sewa pasti lebih mahal. Anda lalu perlu biaya renovasi tempat agar layak sebagai tempat makan sehingga perlu kelihatan bersih dan bagus. Lalu beli meja, kursi, peralatan masak dan masih banyak lagi.

Setelah mengeluarkan uang yang lumayan banyak, Anda belum bisa mulai terima duit!

Anda harus cari karyawan juga untuk membantu Anda. Gak mungkin dong Anda kerja sendiri semua, dari yang masak, terima order, bikin minuman, antar makanan dll.

Setelah semua itu ada, Anda baru bisa mulai buka depot Anda. Apakah orang langsung akan berdatangan dan depot Anda ramai? Gak mungkin kalau gak ada promosi.

Hari-hari sepi berarti ada bahan makanan yang harus dibuang. Karyawan nganggur (tapi gaji tetap jalan). Jadi modal yang harus dikeluarkan dan resikonya sangatlah besar.

Saat Anda memulai bisnis online, Anda akan sadar bahwa modalnya dibanding bisnis tradisional jauh lebih kecil. Jadi resikonya juga kecil. Anda tidak akan kehilangan rumah kalau sampai gagal. Tetapi potensi bisnis online sungguh LUAR BIASA! Itulah menariknya bisnis online.

4. Buka 24 Jam, Uang Masuk Saat Anda Tidur!

Bisnis online buka 24 jam, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun. Khususnya bagian penjualan he..he..

Ya karena sistem di bisnis online bisa banyak dibuat otomatis sehingga bagian penjualan bisa terus jalan. Orang mau transaksi online memang tidak melihat waktu. Sudah biasa bagi pebisnis online, ada orang belanja dan transfer jam 12 malam. Ya diterima saja lah ya, rekening bank kan tidak tutup kalau malam.

Itulah bedanya dengan bisnis offline/konvensional yang bukanya punya keterbatasan waktu.

5. Market/Pasarnya mempunyai Jangkauan Jauh Lebih Luas

Saat kita punya bisnis online, kita akan punya pasar yang jauh lebih luas. Kakak saya bisnisnya adalah toko retail yang jualan macam-macam fashion terutama busana muslim.

Toko seperti itu jelas pasarnya terbatas yaitu cuma di lingkungan sekitar tempat kota kakak saya tinggal. Yang datang beli barang paling max radius 10 km dari lokasi toko kakak saya tersebut kalau jualannya secara offline saja. Kalau Anda buka stand di mal, pasar Anda tentu terbatas pada pengunjung mal tersebut saja.

Bisnis online membuat saya excited karena pasar yang dijangkau jauh lebih luas. Satu negara bahkan satu dunia jika produk yang Anda jual  memang memungkinkan untuk itu.

—————————————————————–

Ya kira-kira itulah 5 point utama mengapa saya tertarik terjun ke bisnis online pada awalnya. Dan setelah lebih dari 3 tahun berlalu sejak 2012 saya mendalami bisnis online, saya masih merasa saya sungguh beruntung  berada di dalam bisnis yang luar biasa!

Nah, setelah saya keluar dari perusahaan di akhir 2013, saya bertekad buka bisnis sendiri sekaligus meningkatkan bisnis online yang saya kerjakan selama ini. Bisnis Offline dan Online jika dipadukan maka hasilnya akan DAHSYAT!

Saya menceritakan itu semua bukan untuk pamer apa yang telah saya raih dan jalani, tapi untuk menginspirasi bahwa hal yang saya ceritakan diatas itu memang ada, dan bukan cuma saya yang bisa meraihnya tetapi ANDA juga!

Saya bersyukur bisa menjalani bisnis yang memberikan banyak kebebasan.

Ah betapa nikmatnya punya bisnis yang memberikan kebebasan..  Alhamdulillah.. walau masih bisa dikatakan kecil tapi entar InshaAllah akan semakin berkembang dan meningkat. Kalau untuk usaha sendiri dan keluarga, perjuangan berat yang dijalani akan terasa ringan karena semua hasilnya akan kita rasakan sendiri.

Saya menceritakan ini semua bukan untuk pamer atau menyombongkan diri, jauh dari itu. Saya menceritakan ini semua untuk menginspirasi Anda, bahwa ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan sehingga bisa memiliki kebebasan dalam hidup Anda.

Anda tidak harus kerja di kantor/perusahaan, dari pagi sampai sore (bahkan sampai malam) selama puluhan tahun, bertemu keluarga saat sudah malam hari, sudah capek, pinginnya tidur. Besok rutinitas diulangi kembali.

Anda punya pilihan!

Anda tidak perlu merasa bersalah saat memiliki keinginan dan impian untuk memiliki kebebasan dalam karir dan bisnis Anda sehingga jam kerja Anda lebih fleksibel, kerja bisa darimana saja dan bisa meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga Anda.

Lumrah manusia memiliki keinginan itu….

Saya dan istri setiap hari bersyukur, bisa memiliki kebebasan yang kami nikmati saat ini. Sesuatu yang bertahun-tahun yang lalu hanya sebuah impian. Bisnis online dan bisnis offline kami telah memungkinkan ini semua.

You Can Do It! Yang Anda perlukan hanyalah Memulai Langkah Pertama….

Semoga apa yang saya sharingkan ini memberikan inspirasi dan semangat baru bagi hidup Anda. 🙂

Note:

Bagi anda yang tertarik belajar bisnis online, anda bisa belajar GRATIS di BelajarBisnisOnlineGratis.com dan gabung dalam grup belajarnya.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori