Banner 468x70 pxl

Web & Blog

Published on October 28th, 2015 | by Dany Rudiyan

13 Fakta Mengagumkan Mengapa Anda Membutuhkan WordPress

Assalamu’alaikum sobat,

Sekarang saya akan membahas tentang mengapa anda saya anjurkan menggunakan WordPress (WP) untuk platform website anda.

Tahukah Anda fakta mengapa Anda membutuhkan WordPress untuk website Anda?

WordPress adalah platform blogging yang sangat populer di dunia.

Oke, mungkin Anda sudah tahu itu. Platform blogging yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003 ini telah menjelma menjadi ‘penguasa’ dunia blogging hanya dalam kurun waktu sebelas tahun sejak peluncuran perdananya. 

 

Rasanya tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar kembali segala kehebatan yang ditawarkan oleh WordPress. Deretan statistik fantastis yang pernah dicetak WordPress di bawah ini tampaknya sudah cukup menggambarkan kehebatannya (dan mengapa Anda membutuhkan WordPress di website Anda).

1. 74,6 Juta Website Bergantung pada WordPress

Yap, Anda tidak salah baca. Sekitar 74,6 juta website bergantung pada WordPress. Separuh dari jumlah website ini (sekitar 37 juta di antaranya) menggunakan WordPress versi gratis. Sementara itu, 18,9% pemilik website menggunakan WordPress berfitur self-hosting (versi berbayar).

2. 6 Postingan Baru Tiap Detik

Setiap detik, rata-rata ada 6 postingan baru yang diunggah menggunakan WordPress. Jumlah ini membuat rata-rata postingan baru di WordPress menjadi sebanyak 342 buah setiap menit, 20.000 postingan per hari, dan 7,5 juta postingan per tahun!

3. Tersedia Hingga 29 ribu Plugin WordPress

Bukanlah rahasia apabila salah satu keunggulan WordPress dibandingkan platform lain adalah ketersediaan ragam plugin-nya. Saat ini tersedia sekitar 29 ribu plugin WordPress yang dapat Anda gunakan dan setidaknya satu plugin baru diunggah setiap jamnya.

4. Tersedia 40 Versi Terjemahan WordPress

Tingginya popularitas WordPress mendorong mereka untuk memperbarui platform mereka dengan bahasa-bahasa lokal yang ada di dunia dan tidak hanya Bahasa Inggris saja. Sejauh ini sudah ada 40 bahasa berbeda yang diterapkan. Kabar baiknya, Bahasa Indonesia pun ada di dalamnya! Namun jika menurut Anda ini masih kurang, Anda hanya perlu bersabar. Tim WordPress saat ini sedang berusaha untuk menghadirkan lebih banyak lagi bahasa yang bisa digunakan.

5. Keyword Berkaitan dengan WordPress Dicari Lebih dari 37 Juta Kali Tiap Bulan

Kata “wordpress” saja dicari hingga lebih dari 450ribu kali dalam satu bulan. Itu baru untuk exact-match saja, tidak termasuk kata WordPress yang termasuk dalam suatu frase misalnya “Wordpress help” atau “Wordpress plugin”. Nah, jika semua pencarian yang berhubungan dengan WordPress dijumlahkan, tiap bulan WordPress dicari sebanyak 37 juta kali di mesin pencari! Ini artinya dalam waktu satu tahun saja ada lebih dari 410 juta pencarian yang berhubungan dengan WordPress!

Oh ya, pencarian yang berhubungan dengan WordPress juga lima kali lebih banyak dicari dari Joomla dan sembilan kali lebih banyak dari Drupal!

6. WordPress Populer untuk Website Bisnis

Dari satu juta website terbaik yang ada di dunia, jumlah website bisnis yang menggunakan WordPress lima kali lebih banyak dibandingkan website berita yang juga menggunakan platform yang sama. Jika ini kurang mengejutkan bagi Anda, cobaah mampir ke forum online marketing. Di sana Anda dapat melihat sendiri bagaimana orang-orang membicarakan WordPress jauh lebih sering dibandingkan CMS lain. Selain itu, WordPress juga merupakan salah satu topik yang paling kerap diulas dalam blog. Bahkan kata kunci yang berkaitan WordPress bisa berharga sangat mahal di platform periklanan PPC!

7. WordPress.com Memiliki Unique Visitor Lebih Banyak Dibanding Amazon

Anda tahu website belanja terkenal bernama Amazon.com? Website ini sangat populer dan unique visitor bulanannya mencapai angka 96 juta tiap bulan. Ini pun masih kalah dibandingkan WordPress. Menurut statistik, tiap bulannya website WordPress mendapatkan unique visitor sebanyak 126 juta!

8. Pegawai WordPress Hanya 229 Orang Saja

Perusahaan dengan popularitas sebesar WordPress ternyata hanya memiliki pegawai sebanyak 229 orang saja. Sebagai perbandingan, Amazon saja mempekerjakan lebih dari 88 ribu pegawai di kantor mereka. Hmm, mungkin ini sebabnya WordPress selalu membutuhkan developer baru, ya.

9. $50 adalah Tarif Rata-rata Developer WordPress per Jam

Sebuah survei pada tahun 2012 menunjukkan bahwa $50 per jam adalah biaya rata-rata yang Anda perlukan untuk menggunakan jasa developer WordPress secara freelance. Tidak hanya itu saja, Odesk.com juga menobatkan WordPress programming sebagai salah satu dari lima skill yang paling dicari dibandingkan yang lain.

10. WordPress Telah Memiliki 98 Versi 

Meskipun hanya memiliki 229 pegawai, tiap-tiap di antaranya bekerja dengan sangat maksimal. Terbukti, perbaikan selalu terjadi setiap beberapa minggu sekali. Bahkan, source code WordPress dapat di-update hingga 80 kali per hari!

 

11. WordPress Telah Di-download 46 juta Kali

Hingga bulan Juli 2013, platform WordPress untuk keperluan self-hosting telah di-download hingga 46 juta kali. Ini artinya, sejak tahun 2003 WordPress diunduh hingga 100 kali setiap hari. Lebih daripada itu, blogging yang kembali populer belakangan ini turut berimbas pada naiknya jumlah unduhan WordPress. Tahun 2014 saja jumlah unduhan per hari mencapai belasan ribu kali!

 

12. Akismet adalah Plugin WordPress Terpopuler

Ada sekitar 19 ribu plugin gratisan yang bisa Anda unduh menggunakan WordPress, dan plugin yang paling populer adalah Akismet. Plugin yang berfungsi untuk melindungi website Anda dari spam ini telah diunduh hingga lebih dari 18 juta kali. Setelahnya, dua plugin terpopuler lain yang paling banyak digunakan adalah The All in One SEO Pack oleh Michael Tolbert serta Contact Form 7.

 

13. 48 dari 100 Blog Terbaik Dunia Technorati Menggunakan WordPress

Technorati pernah dikenal sebagai search engine andalan untuk mencari blog di internet. Mereka juga membuat daftar 100 blog terbaik dunia yang menjadi acuan bagi banyak blogger maupun pengguna internet. Nah, 48 dari 100 blog terbaik dunia versi Technorati ini menggunakan WordPress! Yang masuk daftar pun bukan sembarang blog, tentu saja. Perusahaan besar macam New York Times, Mashable, Ebay, dan CNN turut di dalamnya.

 

Tidakkah Anda juga ingin menggunakan WordPress untuk website Anda? WordPress dapat digunakan untuk website bisnis company profile Anda, gallery, blog, hingga toko online.

Tags: , , , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori