Banner 468x70 pxl

Bisnis Online

Published on May 21st, 2015 | by Dany Rudiyan

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Online

Layaknya sebuah pertempuran, anda harus siap membawa peralatan yang diperlukan di medan perang. Begitu juga dengan memulai bisnis internet, anda harus mengawali persiapan secara matang dan terarah.

Anda tidak bisa memasuki dunia internet marketing tanpa membawa bekal apa-apa, anda tidak bisa menjadi internet marketer yang tangguh tanpa pengetahuan yang memadai.

Untuk itu sebelum anda stress karena tidak kunjung menghasilkan uang di internet atau anda stress karena telah keluar biaya banyak tapi tidak kunjung memiliki penghasilan memadai sebaiknya anda mengawali dengan berbagai macam persiapan di bawah ini.

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Online

1. Sterilisasi anggapan yang salah tentang bisnis internet.

Ini berhubungan dengan stigma yang seringkali menempel dari sebagian pemula yang memulai bisnis internet seperti :

  • Bahwa Bisnis Internet itu Bisa Gratis
  • Bahwa Bisnis internet Bisa kaya Mendadak
  • Bahwa Bisnis Internet Itu Mudah
  • Bahwa bisnis Internet itu Harus Ahli Komputer & IT
  • Dan berbagai macam anggapan yang salah lainnya.

Buang jauh jauh jika anda memiliki pemikiran itu, karena anda tidak akan memperoleh hasil yang optimal. Bisnis internet tetap ada persamaannya dengan bisnis secara offline, yaitu masih keluar modal walau lebih ringan dibanding bisnis offline, tidak bisa langsung bisa kaya karena semua tetap butuh usaha dan waktu untuk menjalankannya, dikatakan mudah juga tidak walau tidak sesusah kalau berbisnis offline. Seperti yang pernah di ulas diatas, maka persiapkanlah mindset dan mental anda secara baik.

2. Buatlah Sebuah Rencana!

Tetapkan sebuah perencanaan, jenis program bisnis online apa yang akan anda geluti untuk pijakan pertama memulai bisnis online. Seperti yang akan saya bahas sekarang, berarti anda memiliki minat untuk memperdalam internet marketing khususnya cara menjual produk dan jasa anda. Kalau saya lebih menyarankan untuk ambil program bisnis online lewat Toko Online, ini relatif mudah dan aman bagi anda yang baru belajar bisnis online.

Susunlah list kerja yang akan anda lakukan seperti: berapa lama waktu yang akan anda habiskan untuk belajar, berapa investasi yang akan anda keluarkan, berapa hasil yang akan anda targetkan untuk permulaan. Tanpa perencanaan yang jelas niscaya seringkali banyak pemula yang menemui kegagalan dalam bisnis online.

3. Memiliki Gadget/komputer yang terkoneksi ke internet.

Anda harus memiliki smartphone / komputer dan koneksi internet, atau minimal di warnet untuk sementara waktu dalam merintis untuk memulai bisnis online, tapi tidak saya sarankan untuk jangka waktu yang lama karena menurut saya akan jauh lebih efektif dan fokus jika anda memiliki perangkat sendiri. Inilah modal awal utama berupa alat untuk para pebisnis online.

Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya pengadaan gadget smartphone (dianjurkan HP Blackberry atau HP dengan OS Android) , Komputer, dan paket internet. Ini Investasi untuk keberhasilan anda ke depannya. Tidak harus baru, second pun tidak apa-apa asalkan masih berfungsi dengan baik.

4. Mengetahui komputer dan internet dasar.

Dengan membaca artikel ini juga saya yakin minimal anda mengetahui bagaimana caranya browsing bagaimana caranya internet dan lain lain. Pengetahuan itu cukup untuk membuka gerbang pengetahuan anda selanjutnya, Akan lebih baik lagi jika anda mengetahui lebih dari ilmu Gadget/komputer dan internet dasar, tapi jangan kuatir karena ini bisa dipelajari sambil menjalani bisnis online anda.

5. Waktu & Modal.

Waktu: anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari teknik teknik internet marketing sehingga memiliki formula sendiri untuk mencapai hasil yang sempurna. Dalam hal meluangkan waktu, itu terserah anda, yang jelas setiap hari anda minimal meluangkan waktu untuk belajar supaya cepat menguasai, kemudian praktekan. Saya menyarankan anda meluangkan waktu minimal 2 jam sehari untuk belajar bisnis online ini, lebih banyak lebih baik asalkan tidak menjadikan kegiatan penting anda yang lain terganggu.

Modal: Seperti yang telah saya sebutkan di halaman sebelumnya, bahwa modal merupakan komponen penting untuk menunjang keberhasilan bisnis online anda. Untuk mengekplorasi setiap informasi tentang cara menjual produk, anda butuh pengetahuan lain yang lebih banyak lagi supaya pemahaman anda jauh lebih sempurna.

6. Memiliki Rekening Bank
.

Memiliki rekening hukumnya wajib loh bagi para pebisnis online dan saya yakin, anda sudah memiliki rekening bank, tapi supaya lebih mudah melakukan transaksi online lebih baik anda memiliki rekening bank yang sudah ada layanan internet bankingnya, seperti: BRI, BCA, Mandiri, BNI. Dan satu lagi yaitu memiliki rekening virtual yaitu paypal. Ini bermanfaat untuk kemudahan transaksi online anda dengan klien, costumer, dan rekan bisnis anda.

7. Mengetahui teknik promosi yang efektif, baik berbayar maupun yang gratis

Teknik promosi merupakan hal yang wajib anda persiapkan, ketahui dan kuasai. Di web ini sudah ada pembahasan tentang itu dalam kategori marketing. Agar lebih jelas untuk teknik promosi berbayar maupun gratis bisa langsung tanyakan ke saya.

8. Fokus pada bisnis anda

Penghambat dalam memulai bisnis online anda adalah tidak fokus, pikiran anda terlalu banyak terbagi karena ingin menguasai dan menjalankan sekaligus beberapa program bisnis online. Mungkin tidak masalah jika anda sudah berpengalaman, mau menjalankan berbagai macam bisnis online.

Tapi Jika posisi anda adalah seorang pemula, jangan berani melakukan hal tersebut. Lebih baik fokus pada satu program bisnis online sampai anda mendapatkan penghasilan rutin dan cara menghasilkan uang di internet dengan benar.

9. Lupakanlah Kesempurnaan!

Tidak mungkin pertama anda terjun ke dunia bisnis online segala sesuatunya akan sempurna, saya katakan…janganlah segala sesuatunya menunggu harus sempurna dahulu, lebih baik segera praktekan apa yang sudah anda ketahui dan kuasai.

Jadikanlah hal tersebut sebagai tantangan untuk melecut lebih kencang roda bisnis online anda yang mulai berjalan. Pointnya adalah jangan takut salah, karena keberhasilan adalah sebuah rangkaian kesalahan yang selalu diperbaiki yang akhirnya menuju pada satu titik keberhasilan.

10. Segera Action (Do It !!)

Ada pepatah bijak mengatakan:

“orang yang berusaha ada kemungkinan untuk gagal, tapi orang yang tidak berusaha sudah pasti 100% menemui kegagalan dan kekalahan”.

Hanya ada dua pilihan…anda pilih yang mana?

Sudah tentu akan pilih yang pertama, maka dari itu sekecil apapun ilmu dan pengetahuan yang telah anda dapatkan dari proses belajar bisnis online segera aplikasikan dengan langkah langkah kecil terlebih dahulu, jangan takut salah, karena untuk sukses di bisnis online harus action supaya tidak berjalan di tempat.

Uupss…setelah ditulis ternyata cukup banyak juga persiapannya ya, hehehe … tapi sekali lagi, anda jangan khawatir karena dengan persiapan yang matang, akan membuat berberapa langkah lebih baik menuju sukses meraih income di internet.

Dari point point tersebut untuk memulai tidak perlu semuanya terpenuhi, tapi jadikanlah sebuah tantangan bukan sebagai penghambat, jangan sampai menyurutkan langkah anda. Mari kita learning by doing (Belajar—>Praktek—>Income/Penghasilan)

“Impian yang tidak terlaksana adalah impian yang terpenjara oleh musuh nomor satu, yaitu takut gagal!”

Tags: , , , ,


About the Author

adalah seorang Internet Marketer Indonesia yang berpengalaman sejak 2012. Bisnis yang dijalankan diantaranya Affiliate Marketing, PPC, E-commerse Toko Online, SEO, Web Training dan Product Creation. Selain itu juga sebagai pengusaha yang berkecimpung di Usaha Kuliner, Percetakan, Desain, Fotokopi, dan Fashion.



Back to Top ↑
  • Dapatkan Ebook GRATIS ! "RAHASIA SUKSES"


  • Join BeBOS Community
  • Pusatnya Panduan Sukses Para Pebisnis
  • toko buku online, buku panduan bisnis, buku bisnis pilihan
  • bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  • Kategori